Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Baju PDH dan PDL TNI AL

TNI AL memiliki pakaian wajib berupa PDH dan PDL yang dilengkapi dengan berbagai atribut. Pakaian ini harus digunakan untuk kegiatan tertentu. Tujuannya agar lebih mudah mengetahui pangkat dan tugas dari anggota TNI AL.

Mengenal Baju PDH TNI AL

TNI AL mempunyai tanggung jawab untuk mempertahankan negara Indonesia terutama di kawasan lautnya. Biasanya, mereka melakukan operasi rutin berupa pengawasan laut Indonesia. Setiap melakukan tugasnya, mereka harus menggunakan seragam yang sudah tersedia atau biasa dikenal dengan nama "tenue". Istilah tersebut merujuk pada sebuah baju untuk memudahkan mengenal pangkat dan tugas anggota TNI.

Selain disebut "tenue", seragam tersebut juga disebut PDH atau Pakaian Dinas Harian. Ini merupakan pakaian yang wajib digunakan oleh anggota TNI. Warna dasar yang berwarna biru dongker melambangkan lautan Indonesia.

Baca juga: Seragam Tentara Nasional Indonesia

Jenis-jenis Seragam TNI AL

TNI AL memiliki beberapa jenis seragam. Penggolongannya didasarkan pada fungsinya. Selengkapnya mengenai jenis-jenis baju tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

    1. PDU atau Pakaian Dinas Upacara 

PDU hadir dengan warna putih bersih dan dilengkapi dengan atribut khas. Pakaian ini digunakan untuk mengikuti upacara-upacara penting. Jenis baju dinas upacara ini cukup beragam tergantung dari jenjangnya, seperti PDU I, PDU II, PDU III dan PDU IV. Setiap jenis ragam tersebut mempunyai makna tersendiri.

    2. PDH atau Baju Dinas Harian

TNI AL mempunyai baju PDH yang terbagi menjadi dua jenis yaitu PDH I dan PDH II. Mereka dibedakan berdasarkan fungsinya. PDH I biasa digunakan untuk Dinas Harian selama hari Senin sampai Rabu dan untuk mengikuti upacara bendera bulanan. Sedangkan PDH II biasa digunakan untuk berbagai kegiatan di lapangan. 

Baca juga: Baju PDH dan PDL TNI AD

    3. PDL atau Baju Dinas Lapangan

Jenis baju TNI AL yang selanjutnya yaitu PDL atau pakaian dinas lapangan. Sesuai dengan namanya, pakaian ini memang khusus untuk mengikuti berbagai acara yang berlangsung di lapangan atau untuk menghadiri berbagai undangan penting. Seragam ini hadir dengan corak khusus yaitu loreng khas TNI AL yang berwarna biru laut. 

    4. Black Navy

Seragam ini memiliki keunikan dari segi model dan atribut. Keunikan ini membuat anggota TNI bisa terlihat lebih elegan dan rapi saat menggunakannya. Sesuai namanya, seragam ini berwarna hitam dan biru dongker. Penggunaannya biasanya untuk acara penting, seperti kunjungan ke luar negeri.

Beberapa Jenis Ragam Baret TNI AL

Apa itu baret? Baret adalah sebuah topi yang berbentuk pipih dan bulat. Bahannya cukup lembut karena terbuat dari bahan wol rajutan, tenun, katun, serat akrilik dan flanel wol. Berikut penjelasannya.

    1. Baret Mabesal

Baret ini khusus di markas besar Angkatan Laut. Keunikan dari baret ini yaitu hadir dengan warna biru tua dan berbentuk segi lima. Tidak hanya itu saja, lengkap dengan emblem yang berlambangkan Jalesveva Jayamahe. 

    2. Baret Armada

Baret yang satu ini hanya khusus untuk Komandan Utama. Keunikan dari baret ini yaitu adanya jangkar dengan warna merah sebagai dasarnya. Sedangkan bagian permukaannya berwarna biru. Lengkap juga dengan emblem penangkis. 

    3. Baret Marinir

source: shopee.com

Baret jenis ini khusus untuk pasukan korps marinir pada semua satuan kerja. Hadir dengan warna ungu yang dilengkapi dengan emblem berbentuk segi lima berwarna merah. Selain itu, baret ini lengkap dengan lambang Jalesu Bhumyamca. 

    4. Baret Taifib

Jenis baret yang satu ini memang khusus untuk pasukan Marinir Intai Para Amfibi. Sedangkan keunikan dari jenis baret ini yaitu lengkap dengan brevet trimedia.

Baca juga: Baju PDH dan PDL TNI AU

    5. Baret Kapal Selam

source: tokopedia.com

Baret ini khusus untuk satuan kerja kapal selam yang ada di kotama. Keunikan dari jenis ini yaitu hadir dengan warna hitam. Lengkap dengan emblem yang mempunyai lambang hiu kencana, garis persegi, dan jangkar.

    6. Baret Pomal

source: lazada.com

Penggunaan baret ini khusus untuk Polisi Militer Angkatan Laut. Keunikan baret ini terlihat jelas dari lambang berupa garis segi lima, pistol menyilang, dan jangkar.

    7. Baret Penerbal

Baret ini hadir dengan keunikan yang terlihat dari warnanya. Selain berwarna biru, baret ini juga lengkap menggunakan emblem dengan lambang penangkis emas, Dharma Jalakaca, dan sayap penerbang Angkatan Laut.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai jenis-jenis seragam TNI AL lengkap dengan jenis-jenis baretnya. Dapat diketahui jika penggolongan seragam dan baret TNI AL didasarkan pada keunikannya tersendiri yang terlihat dari segi warna maupun lambangnya. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Baju PDH dan PDL TNI AL"

chatarrow