Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Baju PDH dan PDL TNI AD

TNI AD memiliki dua pakaian dinas, yaitu PDH dan PDL. Masing-masing pakaian memiliki keunikannya tersendiri. Untuk PDH, ia terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya.

Mengenal Baju PDH dan PDL TNI AD

PDH merupakan singkatan dari Pakaian Dinas Harian. Baju PDH ini dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya. Namun, secara umum ia digunakan di kegiatan khusus. Sedangkan PDL atau Pakaian Dinas Lapangan adalah pakaian yang khusus digunakan untuk kegiatan di lapangan saja. Pakaian ini memiliki ciri khas yaitu coraknya yang loreng-loreng.

Baik PDH maupun PDL mempunya desain yang berbeda, bahan yang digunakan pun berbeda namun tetap harus berkualitas dan awet. Pasalnya pakaian ini nantinya akan berguna untuk melindungi tubuh ketika berkegiatan di dalam maupun luar ruangan.

Baca juga: Seragam Tentara Indonesia

Jenis-jenis Baju PDH TNI AD 

PDH TNI AD terbagi menjadi 3. Perbedaan tersebut didasarkan pada model dan kegunaannya. Selengkapnya mengenai ketiga jenis baju PDH TNI AD.

    1. PDH I 

Jenis baju PDH I hadir dengan desain lengan pendek. Penggunaannya untuk bekerja sehari-hari terutama saat berada di asrama, ruangan, instansi maupun kompleks kantor. Selain itu, biasanya baju ini juga untuk mengikuti pelajaran, seperti pertemuan kedinasan, perjalanan dinas dalam negeri, dll. Meskipun demikian, baju ini tetap dilengkapi dengan penutup kepala berupa peci, ikat pinggang, sepatu harian, jas PDH dan lainnya.

    2. PDH II

Tak jauh berbeda dengan PDH I, PDH II juga hadir dengan desain lengan pendek. Biasanya para TNI menggunakan baju ini untuk bekerja sehari-hari di luar ruangan, seperti kegiatan di instansi lain, mengikuti kegiatan upacara, dan lainnya. Pelengkapnya berupa tas PDH, ikat pinggang berwarna hitam dengan lambang TNI, sepatu dan topi lapangan, serta atribut berupa papan nama, tanda jasa pita, dan lainnya.

    3. PDH III

Berbeda dengan kedua PDH, PDH III hadir dengan desain lengan panjang. Biasanya pakaian ini digunakan untuk menjalankan tugas internasional yang berada di dalam markas. Adapun keunikan dari baju ini yaitu lengkap dengan berbagai aksesoris, seperti ikat pinggang dengan lambang TNI, peci berwarna biru, tas berwarna hitam untuk wanita dan sepatu harian. Sedangkan untuk atribut pendukung lainnya berupa tanda jabatan, tanda kualifikasi, tanda jasa pita dan lainnya. 

Baca juga: Baju Tentara Anak-Anak

Keunikan Baju PDL TNI AD

Tak hanya PDH, TNI AD juga memiliki PDL atau Pakaian Dinas Lapangan. Ciri khas dari PDL adalah desainnya yang hadir dengan berbagai perpaduan warna dan motif loreng-loreng. Baju PDL ini hadir dengan model baru yang lebih cerah dan elegan. Tujuannya untuk memberikan semangat yang tinggi kepada setiap anggota TNI.

Harapan dari perubahan desain ini agar perkembangan organisasi TNI AD bisa lebih adaptif dan modern, sehingga bisa membawa aura dinamis. Sedangkan untuk warna dasar dari baju PDL TNI Angkatan Darat yaitu hijau.

Fakta Unik dari Baju TNI AD

Tahukah Anda jika baju TNI AD mempunyai empat fakta unik? Jika belum mengetahuinya, simak informasi berikut.

    1. Desain Baru Diciptakan Panglima TNI

Siapa sangka jika desain baru pada pakaian TNI AD berasal langsung dari panglima TNI AD itu sendiri? Ya, beliau adalah Jenderal Andika Perkasa. Pada saat ide itu muncul, beliau masih menjabat sebagai KSAD. Yang menjadi inovasi dari desain baru ini adalah kehadiran brevet sebagai pakaian pendukung. Meskipun demikian, desain ini tetap melalui evaluasi oleh para asisten. Inilah yang menyebabkan adanya penambahan warna pada baju tersebut. 

    2. Buatan Indonesia

Aneh rasanya jika pakaian seorang tentara pelindung negara tidak berasal dari negara itu sendiri. Desain PDH dan PDL TNI AD juga dibuat langsung oleh Indonesia. Kualitasnya yang bagus membuatnya cocok digunakan untuk kegiatan di dalam ruangan maupun luar lapangan. Tentunya sebagai orang Indonesia harus bangga terhadap produk buatan Indonesia itu sendiri bukan? 

Baca juga: Baju PDH dan PDL TNI AU

    3. Seragam Loreng Pertama

Berbeda dengan TNI AL dan AU yang memang sudah mempunyai seragam loreng tersendiri. TNI AD justru baru pertama kali mempunyai seragam loreng. Pada awalnya seragam loreng yang digunakan oleh TNI AD merupakan loreng khas Mabes TNI. Meskipun terbilang baru, mempunyai ciri khas membuatnya semakin berkarakter dan mudah dikenal.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai jenis-jenis baju PDH dan PDL TNI AD. Dari penjelasan ini bisa anda simpulkan bahwa PDH dan PDL TNI AD memang berbeda. Selain itu, pakaian tersebut hadir dengan berbagai fakta menarik. Setidaknya dengan membaca penjelasan ini bisa menambah pengetahuan baru anda. 

Posting Komentar untuk " Mengenal Jenis-jenis Baju PDH dan PDL TNI AD"

chatarrow