Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Bahan Baju PDH dan PDL TNI AU

TNI Angkatan Udara mempunyai seragam tersendiri. Lebih tepatnya pakaian tersebut berupa baju PDH dan PDL yang mempunyai fungsi tersendiri. Pakaian tersebut terbuat dari bahan-bahan berkualitas agar bisa menjamin kenyamanan bagi anggota TNI AU.

Jenis-jenis Baju PDH dan PDL TNI AU

Perlu Anda ketahui jika anggota TNI Angkatan Udara mempunyai beberapa jenis baju PDH dan PDL. Setiap jenis akan digunakan untuk kegiatan yang berbeda. Selengkapnya berikut ini beberapa jenis baju TNI AU.

Seragam dinas untuk upacara terdiri dari PDU I, PDU II, PDU III dan PDU IV.

Baju dinas khusus untuk olahraga atau POR.

Seragam atau pakaian dinas harian atau PDH.

Baju khusus untuk teknisi dan penerbangan berwarna orange.

Seragam atau pakaian dinas lapangan atau PDL.

Baju khusus untuk dinas drumband atau PDD.

Seragam dinas pesiar atau PDP.

Seragam atau pakaian dinas harian lapangan atau PDHL.

Atribut Pelengkap Seragam TNI AU

Seperti seragam TNI lainnya, seragam TNI AU juga dilengkapi dengan atribut pendukung. Selengkapnya berikut ini beberapa atribut yang digunakan.

Dasi

Baret berwarna biru

Ikat pinggang hitam

Topi loreng-loreng.

Sepatu hitam dan kaos kaki hitam.

Pedang untuk upacara. 

Tanda kehormatan.

Pet upacara

Tanda kemahiran.

Papan nama ebonite.

Badge lokasi mabes TNI.

Tanda pangkat.

Tas PDH untuk anggota wanita.

Kaos dalam hitam atau loreng untuk PDL.

Baca juga: Baju Tentara Anak-Anak 

Jenis-jenis Bahan untuk Baju PDH dan PDL TNI AU

Tidak sembarang bahan bisa digunakan untuk membuat baju PDH dan PDL TNI AU. Pasalnya, bahan tersebut harus mampu membuat nyaman dan aman bagi pemakainya. Selengkapnya berikut ini jenis bahan untuk baju PDH dan PDL TNI AU

    1. Japan Drill

Jenis-jenis Bahan Baju PDH dan PDL TNI AU
source: shoppee.com

Tidak hanya TNI AU, beberapa instansi pemerintah hingga TNI AU juga menggunakan bahan Japan Drill. Bahan ini dipilih karena alasan kenyamanan. Meskipun digunakan dalam waktu lama, ia tidak akan menimbulkan panas, karena mempunyai kelebihan dapat menyerap keringat dengan baik.

    2. American Drill

Tidak jauh berbeda dengan Japan Drill, American Drill unggul karena sifatnya yang adem dan memberikan kenyamanan pada kulit. Selain itu, ia juga bersifat ringan saat digunakan, sehingga cocok untuk kegiatan dalam jangka waktu lama. Kelebihan tersebut berasal dari bahan dasarnya yang terbuat dari kombinasi polyester dan katun. 

    3. Kain Unione Drill

Sebenarnya bahan ini merupakan salah satu merek dari kain American drill. Adapun ciri khas dari bahan ini yaitu harganya cukup murah. Meskipun demikian, ia tetap unggul dari segi kualitas. Teksturnya yang sedikit kaku tapi terasa lembut saat menyentuh kulit menjadikan kain ini cukup populer untuk pembuatan baju PDH.

Baca juga: Baju PDH dan PDL TNI AD

    4. Katun

Jenis-jenis Bahan Baju PDH dan PDL TNI AU
source: shoppee.com

Katun terbuat dari serat alami berupa kapas. Ini membuatnya terasa lembut dan nyaman saat digunakan. Selain itu, ia juga mampu menyerap air dan keringat secara maksimal. Oleh karenanya, banyak orang menjadikan bahan ini sebagai bahan pembuatan sprei atau handuk. Namun, tak jarang juga digunakan untuk membuat seragam, tak terkecuali seragam PDH TNI AU.

    5. Linen

source: shoppee.com

Bahan linen digunakan karena sifatnya yang lebih dingin daripada kain katun, sehingga cocok untuk cuaca panas. Selain itu, bahan ini bersifat tahan lama dan kuat. Bahan ini juga hadir dengan beragam pemilihan warna, sehingga bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Sifatnya yang kaku juga menambah kesan lebih elegan. 

    6, Rayon

source: shoppee.com

Rayon dipilih karena bahannya yang terasa lembut di kulit. Meskipun berkualitas, harganya tergolong murah. Terlebih lagi pilihan warnanya juga cukup beragam. Bahan rayon juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik, oleh karenanya bahan ini cocok digunakan untuk berbagai kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

    7. Kain Taipan Tropical

Kain yang terbuat dari campuran polyester dan katun membuat kain tersebut terasa lebih lembut dan nyaman. Keunggulan dari kain ini yaitu bisa membuat baju terkesan lebih eksklusif. Terlebih lagi bahannya yang sangat nyaman memungkinkan banyak orang menyukainya. Namun, sebanding dengan kelebihan tersebut harganya memang lebih tinggi.

Demikian penjelasan mengenai baju PDH dan PDL TNI AU. Ada beragam kain yang bisa digunakan untuk membuat seragam TNI AU. Setiap jenis kain tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Bahan Baju PDH dan PDL TNI AU "

chatarrow