Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan dengan Macam-Macam Seragam Tentara Nasional Indonesia

Tentara Nasional Indonesia adalah barisan terdepan yang mempertahankan persatuan Indonesia. Ada segudang prestasi yang berhasil TNI dapatkan demi mengharumkan nama bangsa Indonesia. Sudah sewajarnya bangsa Indonesia mengetahui macam-macam seragam tentara nasional Indonesia. Dengan begini akan menumbuhkan rasa cinta tanah air juga rasa bangga pada TNI. 

Untuk melakukan kegiatan sehari-hari maupun tugas, TNI memiliki beberapa seragam untuk masing-masing kepentingan tersebut. Ciri Khas seragam TNI pun juga akan berbeda sesuai dengan kesatuannya dari TNI yang bersangkutan.

Macam-Macam Seragam Tentara Nasional Indonesia Berdasarkan Kesatuannya

Kesatuan TNI di Indonesia ada tiga, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut. Atribut yang setiap kesatuan TNI pakai pun berbeda untuk memudahkan membedakan kesatuannya. Dalam TNI juga terdapat banyak sekali kecabangan sehingga seragam ini sangat penting untuk memberikan identitas pada anggota TNI. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai seragam tentara nasional Indonesia dari tiga kesatuan yang ada. Anda pastinya sudah tidak sabar lagi untuk mendapatkan informasi menarik mengenai TNI kebanggaan Indonesia, bukan?

1. TNI Angkatan Darat

Tugas TNI AD berhubungan dengan bentrokan atau kasus-kasus yang terjadi di daerah daratan. Khususnya daerah yang terdapat di perbatasan dengan negara lain di Indonesia. Mereka harus selalu siap siaga untuk semua kemungkinan yang bisa terjadi kapan saja.

Seragam tentara nasional Indonesia
tniad.mil.id

Untuk mengerjakan tugas sehari-hari yang tergolong ekstrim dan berat untuk ukuran masyarakat biasa ini tentunya membutuhkan seragam TNI yang berkualitas bagus. Seragam yang bagus dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja dan perlindungan yang bagus pula. 

Bahan kain Elmer merupakan jenis kain yang menjadi bahan baku pembuatan seragam TNI AD. Karakteristik kuat, tidak mudah sobek, dan awet dari kain Elmer dapat melindungi tubuh anggota TNI AD dari cuaca ekstrim atau goresan-goresan dari benda berbahaya. Seragam tentara nasional Indonesia yang berbahan Elmer ini sangat nyaman untuk sehari-hari. 

Seragam resmi TNI AD ada tiga jenis, yaitu PDH, PDU, dan PDL. PDH berbentuk kemeja yang memiliki warna khas TNI, yaitu hijau. Seragam ini untuk seragam sehari-hari TNI AD. Seragam PDU yang berbentuk jas berlengan panjang digunakan untuk melakukan upacara-upacara resmi keanggotaan TNI. 

Kemudian untuk seragam PDL yang memiliki motif loreng khas TNI ini adalah seragam untuk kebutuhan di luar kantor. Jadi, bila mendapat undangan untuk ke suatu daerah atau menghadiri acara tertentu yang bukan upacara para anggota TNI AD menggunakan seragam ini.

2. TNI Angkatan Udara

Apabila TNI AD berdinas di daerah daratan, maka TNI AU memiliki wilayah dinas di udara. Namun, hal ini bukan berarti markas para TNI AU berada di udara. Markasnya tetap ada di daratan dan udara menjadi daerah pantaunya.

Seragam tentara nasional Indonesia
news.detik.com

Bagi TNI AU yang kesehariannya bertugas untuk mengamankan wilayah udara Indonesia ini tentu membutuhkan seragam dengan bahan yang khusus. Bahan kain seragam tentara nasional Indonesia adalah kain Twill loreng dengan motif khas pesawat dan awan. 

Ada 7 jenis seragam dinas yang TNI AU miliki, yaitu PDU, PDH, PDP, PDL, PDD, POR, dan seragam khusus terbang. Fungsi seragam PDU, PDH, da PDL ini sama dengan fungsi seragam TNI AD. Seragam yang berbeda dari TNI AD adalah PDP, PDD, dan POR. Kegunaannya secara berurutan adalah untuk waktu pesiar, kegiatan drumband, dan olahraga.

3. TNI Angkatan Laut

Seragam tentara nasional Indonesia angkatan laut ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan angkatan udara maupun angkatan darat. Hanya terdapat beberapa perbedaan saja dan kesamaannya adalah di PDH, PDL, dan PDU. Seragam TNI AL memiliki motif dorang yang cenderung ke warna coklat dan hijau tua.

Seragam tentara nasional Indonesia
tnial.mil.id

Perbedaan seragamnya terletak pada PDH Penerbang, PDH Sar, PDH pomal, PDH Layar, PDH layar, dan PDH Olahraga. Seragam-seragam ini penggunaannya sesuai dengan kegiatan yang akan TNI AL tersebut lakukan. Apabila tidak ada kegiatan tertentu maka TNI AL akan menggunakan pakaian dinas hariannya. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan seragam tentara nasional Indonesia pada setiap kesatuan kerjanya. Sekarang Anda sudah dapat membedakan dengan baik kesatuan dari anggota TNI hanya dengan melihat seragamnya saja.

Jika Anda tertarik untuk membuat seragam untuk organisasi maupun instansi, Anda bisa langsung menghubungi artokonveksi.com.

Posting Komentar untuk "Berkenalan dengan Macam-Macam Seragam Tentara Nasional Indonesia"

chatarrow