Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahan Curduroy: Si Tebal yang Elegan

Seiring berjalannya waktu hadir berbagai jenis bahan kain, salah satunya corduroy. Sederhananya bahan corduroy adalah jenis kain yang mempunyai serat dari katun dan terbilang awet. Bahan ini juga hadir dengan berbagai pilihan jenis yang mempunyai kelebihan tersendiri.

Mengenal Bahan Corduroy 

Corduroy merupakan jenis kain yang terkenal tahan lama. Hal ini karena bahan dasarnya yang berkualitas. Bahan dasar curduroy sendiri bermacam-macam, ada yang terbuat dari serat dan katun; polyester dan katun; bahkan tak jarang yang sepenuhnya terbuat dari wol atau polyester. Perbedaan tersebut tentunya mempengaruhi perbedaan hasil atau tekstur dari kain corduroy. 

Ciri khas dari kain ini yaitu mempunyai tiga bagian benang terpisah. Jadi, ketika benang tersebut dijalin secara bersamaan akan menghasilkan kain yang terlihat seperti tenun dan memberikan efek sedikit melar.

Baca juga: Bahan Jaket yang Bagus

Jenis-jenis Bahan Corduroy

Jenis bahan yang bervariasi tentunya membuat jenis model dari corduroy pun bervariasi juga. Setiap model memiliki perbedaan yang terlihat jelas dari keunggulannya. Selengkapnya mengenai beberapa jenis model tersebut, berikut penjelasannya.

    1. Corduroy Standart

Bahan Curduroy
source: ebay.com

Ciri khas dari jenis ini adalah jumlah wales yang terbilang cukup banyak, yaitu berkisar antara 8 hingga 13 wales untuk setiap incinya. Wales adalah kumpulan benang yang hadir dengan bentuk bervariasi dan ditumpuk pada kain corduroy. Sedangkan untuk penumpukannya tergantung dari lebar kain tersebut. 

    2. Corduroy Gajah

Jenis ini jika dibanding dengan curduroy jenis lain memang jauh lebih tebal, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pakaian musim dingin. Ini karena sifatnya yang cukup tebal dan besar sehingga mampu memberikan efek hangat pada pemakainya. Jenis ini memiliki jumlah wales 5-6. 

    3. Pinwale Corduroy

Bahan Curduroy
source: ebay.com

Jenis ini memiliki jumlah wales terbanyak karena jumlahnya tergantung dari panjang kain.  Jadi, semakin panjang kainnya, maka jumlah wales akan menyesuaikan. Bahkan, wales yang tersedia bisa mencapai dua puluh satu loh. Adapun keunggulan dari bahan jenis ini yaitu cukup awet dan memberikan kenyamanan. 

    4. Corduroy Pewarnaan Pigmen

Bahan Curduroy
source: shoprebelreeds.com

Proses dyeing yang diterapkan membuatnya memiliki tampilan yang cukup unik. yaitu pola belang-belang. Selain itu, warna kain pada jenis ini akan terlihat lebih jelas setelah melalui proses pencucian. Pigmen yang biasa digunakan pada jenis ini kebanyakan Dyed Corduroy.

5. Corduroy Spandex

Bahan Curduroy
source: shopee.com

Jenis ini biasanya digunakan untuk pakaian anak-anak. Ini karena sifatnya yang halus, lembut, dan cukup melar. Sesuai dengan namanya, bahan ini dalam proses pembuatannya memang menggunakan campuran antara katun, spandex, wol dan poly blend. 

Wajib Tau, Inilah Keistimewaan Bahan Corduroy

Selain hadir dengan berbagai jenis, ternyata bahan Corduroy juga mempunyai keistimewaan tersendiri. Selengkapnya berikut ini beberapa keistimewaannya.

    1. Cenderung Lebih Kuat

Salah satu alasan yang membuat orang-orang menyukai jenis kain ini adalah sifatnya yang kuat dan tahan lama. Walaupun tampilannya terlihat cukup tebal, tapi saat diggunakan terasa lebih ringan.

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Macam Bahan Denim

    2. Tetap Rapi, Tidak Mudah Kusut

Bahan Curduroy
source: ebay.com

Bahannya yang tebal membuatnya tidak mudah kusut meskipun digunakan seharian. Sehingga, kamu bisa tampil tetap rapi seperti di awal walaupun telah banyak beraktivitas. Tak heran, jika orang-orang menyukai jenis curduroy.

    3. Termasuk Bahan yang Unik

Bahan corduroy juga mempunyai keistimewaan lain yaitu terlihat lebih unik. Jadi, saat menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan ini terlihat lebih berkelas. Terlebih lagi bahan kain ini mempunyai pilihan warna yang cukup beragam mulai dari warna earthone hingga yang cukup mencolok.

Selain itu, kain ini juga mempunyai keunikan tersendiri dari segi kerenggangan atau stretch. Jadi, saat Anda membeli pakaian yang terbuat dari bahan ini bisa memilih tingkat kerenggangannya sesuai dengan keinginan. Bahkan, bahan ini terbilang cukup hangat sehingga cocok untuk musim dingin.

Dari penjelasan ini bisa anda simpulkan jika bahan corduroy adalah jenis kain yang mempunyai banyak keistimewaan, terutama dari segi keawetannya. Selain itu, bahan ini juga hadir dalam berbagai jenis yang mempunyai keistimewaan tersendiri.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan Curduroy: Si Tebal yang Elegan"

chatarrow