Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Bahan Kain Parasut dan Taslan untuk Jaket

Ingin membuat jaket dengan bahan berkualitas? Kamu bisa menggunakan kain parasut atau taslan sebagai bahan jaketmu, lho. Kain parasut dan atau taslan dipilih sebagai bahan jaket karena keunggulannya. Walaupun begitu, kedua bahan tersebut tidak sama.

Perbedaan Bahan Kain Parasut dan Taslan untuk Jaket

Banyak orang mengira jika bahan kain parasut dan taslan merupakan bahan yang sama. Padahal keduanya merupakan bahan yang berbeda dan mempunyai keunggulan tersendiri. Yuk kita bahas bersama, apa sih perbedaan dari kedua bahan kain tersebut?

    1. Ketebalan Bahan

Dari segi ketebalan bahan, bahan Taslan lebih unggul jika dibanding bahan parasut. Karenanya, ia terasa lebih berat. Meskipun demikian, bahan taslan tetap nyaman saat Anda gunakan.

Sedangkan bahan parasut cenderung lebih tipis, sehingga saat digunakan terasa lebih ringan. Perbedaan ketebalan kedua bahan dapat terlihat jelas jika berwarna putih. Bahan parasut berwarna putih akan memperlihatkan bentuk tubuh.

    2. Tekstur Bahan

source: tokopedia.com

Meskipun kedua bahan ini terlihat hampir sama, tapi keduanya jauh berbeda loh. Bahan parasut cenderung mempunyai tekstur yang sama antara bagian dalam dan luar. Sedangkan bahan taslan memiliki tekstur luar dan dalam yang berbeda. Ini karena sifatnya yang waterproof. Tekstur dalam bahan taslan berasal dari karet tipis.

Keunggulan Bahan Kain Parasut untuk Jaket

Tertarik untuk menggunakan jaket dari bahan kain parasut? Jika benar, mari kita bahas bersama keunggulan dari bahan parasut.

    1. Tidak Tembus Air

Bahan dasarnya yang berasal dari serat sintesis dan kandungan plastik membuat tampilan luarnya tampak mengkilap dan halus saat disentuh. Ini membuatnya tahan air sehingga, kamu tidak perlu khawatir pakaianmu akan basah saat menggunakannya di musim penghujan. Namun, paparan hujan berulang mampu menyebabkan warnanya memudar dan memunculkan bintik putih.

    2. Memberikan Kehangatan 

kain parasut dan taslan untuk jaket
source: pinterest.com

Bahan kain parasut yang tidak mudah ditembus udara membuat penggunanya merasa lebih hangat. Sehingga, bahan ini lebih cocok digunakan di musim dingin dibanding musim panas. Penggunaan di cuaca panas membuat pemakainya merasa gerah.

Baca juga: Mengenal Kain Fleece

    3. Tidak Mudah Kusut

kain parasut dan taslan untuk jaket
source: shopee.com

Bahan parasut termasuk kain yang tidak mudah kusut meskipun digunakan seharian atau sering dicuci. Jadi, jika kamu sedang terburu-buru dan tidak sempat menyetrika, kamu tetap dapat mengenakannya karena sifatnya yang tidak mudah kusut.

    4. Perawatan Terbilang Mudah

Bahannya yang mampu menahan air dan kotoran membuat perawatannya cukup mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Jika pakaianmu terkena noda, Kamu dapat mencucinya dengan air mengalir atau mengelapnya dengan kain kering dan secara otomatis kotoran akan hilang begitu saja. 

Keunggulan Bahan Kain Taslan untuk Jaket

Tak kalah unggul dari bahan parasut, yuk kita simak beberapa keunggulan bahan kain taslan.

    1. Terbuat dari Nanoteknologi

kain parasut dan taslan untuk jaket
source: tokopedia.com

Bahan taslan yang dibuat menggunakan teknologi canggih bernama Nanoteknologi membuatnya menjadi lebih tahan lama. Selain itu, bahan taslan juga sering disebut activewear, ini karena sifatnya yang sedikit elastis dan tentunya jauh berbeda dengan kain parasut. Bahan taslan juga biasa dikenal dengan bahan Trench coat karena mampu melindungi tubuh dari udara dingin.

    2. Cepat Kering

kain parasut dan taslan untuk jaket
source: tokopedia.com

Sifatnya yang anti air membuat bahan taslan cepat kering. Coba saja menuangkan air di atas bahan taslan, kamu akan menemukan buliran air yang terlewatkan begitu saja. Bahkan, kamu tidak harus menjemurnya di bawah paparan sinar matahari langsung. Cukup jemur di tempat yang teduh dan terkena angin, maka pakaianmu dengan cepat akan kering.

    3. Anti Noda dan Jamur

Meskipun sering terpapar air dan atau noda, bahan ini tidak mudah berjamur. Selain karena sifatnya yang mudah kering dan tidak mudah menyerap, pembersihannya pun mudah. Kamu hanya perlu lap atau kain lembab untuk menghilangkan noda pada bahan taslan.

Baca juga: Mengenal Bahan Baby Terry

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa keunggulan bahan kain parasut dan taslan untuk jaket. Setelah mengetahui, kira-kira bahan mana yang akan kamu pilih untuk membuat jaket?

Jika kamu ingin membuat jaket dan sedang mencari toko konveksi, kamu dapat mengunjungi artokonveksi.com Ini adalah konveksi terbesar di Jogja yang menyediakan jasa konveksi dengan koleksi super lengkap dan kualitas yang terbaik. Jadi, jangan ragu lagi untuk menyerahkan pakaian impianmu kepada kami. 

Posting Komentar untuk "Keunggulan Bahan Kain Parasut dan Taslan untuk Jaket "

chatarrow