Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria dan Cara Memilih Bahan Jaket yang Bagus

Bahan Jaket yang Bagus


Jaket merupakan jenis pakaian yang wajib ada dalam lemari kita. Pakaian ini akan sangat membantu ketika cuaca dingin sebagai penghangat tubuh. Pada mulanya memang jaket digunakan oleh pilot penerbangan untuk menghangatkan tubuh di atas ketinggian dengan suhu rendah. 

Seiring berjalannya waktu, jaket tidak hanya digunakan oleh pilot tetapi sudah menjadi gaya fashion dunia. Jaket menjadi hiasan yang apik digunakan untuk pelapis atau penutup baju dasar. Karena punya fungsi yang krusial, tentunya kita perlu memilih bahan jaket yang bagus.


Karakteristik Bahan Jaket yang Bagus 

Selain mementingkan aspek kenyamanan, mengetahui jenis-jenis bahan jaket akan memudahkan bagi Anda yang punya niat membuat jaket sendiri. Pemilihan bahan yang bagus, tentunya akan menentukan kualitas dari jaket yang akan Anda buat. 

Tak cuma aspek keamanan, bahan jaket yang bagus setidaknya memiliki beberapa karakteristik yang bagus pula. Misalkan awet, tidak mudah sobek, ringan, anti air, dan tentunya punya kemampuan menghangatkan tubuh dengan baik. 

Untuk Anda yang punya niat kustom jaket, kami merekomendasikan sebuah nama konvenksi yang sudah berpengalaman. Ia adalah Artokonveksi.com, sebagai produsen jaket dan apparel, artokonveksi berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada setiap konsumen.

Upaya tersebut diwujudkan dalam pemilihan bahan baku yang berkualitas baik. Khususnya jaket, bahan utama dari Artokonveksi.com, setidaknya memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Hangat

Bahan Jaket yang Bagus

Pertama, adalah hangat. Fungsi dari jaket adalah menjaga tubuh tetap hangat sehingga terlindung dari udara yang dingin. 

2. Kuat

Selain hangat, jaket yang baik tentunya haruslah kuat, tidak mudah rusak dan juga sobek.

3. Ringan

Poin terpenting dari bahan jaket yang bagus selain daripada hangat adalah massanya yang ringan. Jaket yang ringan akan lebih mudah untuk disimpan. Selain itu, tidak akan menyulitkan ketika proses pencucian.

Kriteria dan Cara Memilih Bahan Jaket yang Bagus

4. Anti Air

Bahan Jaket yang Bagus

Karakteristik terakhir yang juga penting adalah sifat bahan yang waterproof atau anti air. Jaket yang tahan terhadap air akan lebih baik karena bisa memberikan perlindungan ganda. Bukan cuma menghangatkan tubuh, tetapi juga melindungi diri dari air hujan. 

Setelah mempertimbangkan karakteristik apa saja yang harus ada pada sebuah kain, selanjutnya mari kita simak jenis kain apa saja yang cocok untuk pembuatan jaket.


Pilihan Jenis Kain Untuk Bahan Jaket yang Bagus

Ada banyak sekali pilihan bahan jaket yang bagus. Karenanya, Anda perlu mengetahui informasi ini supaya tidak salah pilih nantinya. Berikut adalah daftar bahan jaket yang paling sering digunakan oleh konveksi.

1. Taslan

Pertama ada yang namanya kain taslan. Jenis kain ini berbahan dasar poliester. Terbuat dari proses tenun menggunakan mesin berteknologi tinggi sehingga hasil akhir kainnya berkualitas baik. Sebagai bahan pembuatan jaket, ada beberapa keunggulan kain taslan.

Bahan Jaket yang Bagus
tokopedia.com

Keunggulan pertama adalah kemampuannya bertahan dalam segala macam cuaca, baik itu panas dan juga cuaca dingin. Karenanya, kain taslan punya tingkat keawetan yang sangat baik. Selain awet, kain taslan terbukti memiliki kemampuan menghangatkan dengan sangat baik.

Bahannya cukup tebal, dan seratnya tergolong lentur, sehingga akan sangat nyaman untuk Anda kenakan dalam berbagai aktivitas.

2. Kain Mayer

Rekomendasi bahan dasar jaket berikutnya adalah kain mayer. Jenis kain ini biasanya untukmembuat jaket parasut yang ringan dan tipis. Meskipun punya karakter yang tipis, jenis kain ini cukup awet dan tangguh dalam berbagai situasi, lho! Selain itu, kain mayer punya efek kilap yang dapat menghadirkan kesan mewah dan eksklusif.

Bahan Jaket yang Bagus
tokopedia.com

Sebagai bahan untuk jaket yang bagus, ada beberapa pilihan kain mayer yang bisa Anda pakai. Salah satunya adalah mayer lokal atau kain MG. Jenis kain ini unggul karena memiliki sifat waterproof yang cukup baik.

3. Kain Puma Scott

Pilihan bahan jaket yang bagus selanjutnya adalah puma scott. Ada yang tahu bagaimana karakteristik kain yang satu ini? Puma scott tergolong sebagai kain yang tebal sehingga cocok untuk menghangatkan tubuh. Sama seperti kain mayer, jenis kain ini juga punya sifat anti air.

Bahan Jaket yang Bagus
tokopedia.com

4. Kain Kanvas

Terakhir, Anda bisa menggunakan kain kanvas sebagai bahan utama pembuatan jaket. Jenis kain ini sangat populer. Tak cuma jaket, kanvas juga sering dijadikan bahan utama pembuatan tas, dompet, bahkan sepatu.

Bahan Jaket yang Bagus
tokopedia.com

Kain kanvas punya karakteristik yang lumayan kaku, kuat dan tidak mudah koyak. Khusus untuk pembuatan jaket, kain kanvas yang digunakan biasanya kanvas marsoto, baby kanvas katun dan juga baby kanvas TR. Jaket berbahan dasar kanvas cocok untuk menyempurnakan penampilan kasual Anda sehari-hari.  

5. Kain untuk Jaket Sport 

Beberapa jenis kain jaket diatas umumnya digunakan untuk model jaket casual dan formal. Belakangan ini muncul model jaket parka yang dapat digunakan untuk kegiatan olahraga atau outdoor. Tetapi beberapa jenis kain untuk keperluan sport juga tetap eksis seperti fleece, baby terry, diadora, adidas, dan lotto.  

Kalau memang punya niat membuat jaket sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan bahan tadi. Untuk informasi lebih jelas terkait bahan jaket yang bagus, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak Artokonveksi.com.

Posting Komentar untuk "Kriteria dan Cara Memilih Bahan Jaket yang Bagus"

chatarrow