Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kain Fleece Adalah, Si Halus Yang Membuat Nyaman

Fleece Adalah

Apakah Anda seorang penggemar pakaian hangat? Jika iya, pakaian hangat berbahan apa yang biasa Anda beli dan Anda gunakan? Pernahkah Anda mendengar bahan dengan nama kain fleece?

Kain fleece adalah salah satu kain yang biasanya sering digunakan sebagai bahan pembuatan hoodie atau sweater. Hal ini karena kain ini bersifat hangat, halus juga lembut. Untuk mengetahui lebih detail tentang kain fleece, sebaiknya Anda menyimak informasi ini dengan seksama.

Seputar Kain Fleece yang perlu Anda ketahui

1. Jenis kain fleece

Kain ini memiliki beberapa jenis yang tentunya juga memiliki tekstur dan sifat yang berbeda. Berikut jenis kain fleece yang perlu Anda ketahui:

  • Fleece Polyethylene

Tekstur pada kain ini memang lebih kaku, namun kain fleece jenis ini memiliki warna yang lebih mengkilap daripada fleece cotton.

  • Fleece Cotton
Kain Fleece
tokopedia.com

Kain fleece jenis ini merupakan jenis kain fleece dengan tekstur paling halus dan lembut dari pada jenis kain fleece lainnya.

  • Fleece CVC

Kain fleece jenis ini merupakan kain fleece dengan tekstur serat lebih kasar dari kain fleece lainnya. Sehingga kain ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat hoodie.

2. Kelebihan dan kekurangan kain fleece

Setiap produk pasti memiliki nilai plus dan minus, begitu juga kain fleece ini. Sebelum memutuskan untuk memilih pakaian dengan bahan fleece, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kain fleece ini.

Kelebihan:

  • Cepat kering

Pada dasarnya bahan ini tidak baik jika terkena sinar matahari yang terlalu terik karena dapat merusak warna kain. Sehingga kain ini memiliki sifat mudah kering meski hanya diangin-anginkan saja.

  • Elastis

Kain ini tidak terasa kaku saat digunakan. Meskipun elastis, namun kain ininjuga tidak mudah melar loh. 

  • Harga ramah di kantong

Harga kain fleece relative murah sehingga tidak membuat kantong Anda menipis.

  • Awet

Salah satu kelebihan bahan fleece adalah awet dan tahan lama. Terutama bahan fleece yang jenis cotton.

  • Halus dan lembut

Kelembutan dan kehalusan kain fleece menjadi sorotan utama dalam kelebihan kain ini. Tekstur kain yang halus dan lembut tentunya akan menambah kenyamanan saat memakainya.

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk suhu dingin

Jika Anda berada di tempat dengan suhu ekstrem atau minus, bahan ini tidak cocok untuk Anda.

  • Menarik rambut dan debu

Bulu-bulu halus pada kain fleece menyebabkan rambut akan mudah tersangkut dan debu mudah menempel. Sehingga menyebabkan kain ini mudah kotor.

  • Perawatan yang tidak mudah

Perawatan kain ini bisa dibilang tidak terlalu mudah. Pasalnya, untuk mencuci kain jenis ini cukup merepotkan. Jangan menggunakan pemutih dan pewangi saat mencucinya. Selain itu pastikan Anda menyetel putaran mesin cuci yang paling pelan.

  • Permukaan kain mudah mengelupas

Penggunaan dalam waktu yang lama akan membuat bagian luar kain ini akan mengelupas. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan cara perawatannya.

3. Kegunaan kain fleece

Anda pasti sudah menemukan banyak penggunaan kain fleece di dunia fashion. Berikut beberapa kegunaan kain fleece:

  • Hoodie

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis pakaian satu ini. Jenis pakaian hangat satu ini memiliki cukup banyak peminat. Para produsen hoodie banyak menggunakan kain fleece untuk membuat hoodie.

  • Zipper hoodie
Kain Fleece

Memiliki fungsi yang sama dengan hoodie, perbedaan yang terdapat pada zipper hoodie ini hanya terletak pada zipper atau resleting yang ada pada bagian depan hoodie. 

  • Sweater

Sebagian orang masih belum terlalu peka untuk membedakan mana moodie dan mana sweater. Sweater memiliki fungsi yang sama dengan hoodie, yakni menghangatkan. Bedanya, pada hoodie terdapat tudung kepala sedangkan sweater tidak memiliki tudung.

  • Jogger pants

Siapa yang tak kenal dengan model celana satu ini. Dengan ciri khas memiliki karet di bagian bawahnya membuat celana ini sempat marak di tahun 2015. Beberapa produsen pakaian memang membuat kain ini dari bahan fleece, namun kebanyakan celana jogger terbuat dari bahan twill atau kanvas.

  • Selimut bayi

Penggunaan kain fleece untuk selimut bayi cukup popular. Pasalnya, bulu halus yang terdapat dalam selimut bayi memberikan rasa nyaman dan hangat pada bayi. Selain itu, kain ini juga tidak membuat bayi mengalami iritasi karena teksturnya yang halus dan lembut

Jika Anda ingin membeli pakaian berbahan fleece dengan ukuran dan desain Anda sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Arto Konveksi dapat melayani kapanpun dan dimanapun Anda berada. Cukup duduk manis di rumah dan menunggu pesanan Anda selesai. Anda bisa mengunjungi artokonveksi.com untuk melakukan pemesanan.

Setelah membaca informasi tersebut tentunya Anda sudah tidak bingung lagi mengenai kain fleece mulai dari jenis hingga kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kain Fleece Adalah, Si Halus Yang Membuat Nyaman"

chatarrow