Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Denim Seperti Apa? Ketahui Kelebihan dan Macam-macamnya!

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: pinterest.com

Kain denim menjadi salah satu jenis kain yang cukup populer sejak dulu hingga saat ini. Namun, tahukah Anda bahan denim seperti apa? Banyak orang yang mengira bahwa bahan denim sama dengan jeans, padahal keduanya merupakan kain yang berbeda loh.

Mengenal Bahan Denim 

Bahan denim merupakan jenis kain yang berwarna biru dan terbuat dari serat katun. Ciri khas dari kain ini yaitu tahan lama dan cukup kuat. Ini karena prosesnya melalui tenun dari katun twill weave. 

Karena bahannya yang kuat dan warnanya yang biru membuat bahan ini kerap digunakan sebagai bahan baku jeans. Tak heran, jika banyak orang yang mengira jeans dan denim sama. Selain itu, bahan denim juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan celana jeans, jaket, rompi, jas, topi dan dress.

4 Kelebihan Bahan Denim

Bahan denim banyak digemari orang-orang karena keunggulannya. Kira-kira apa saja ya keunggulan dari bahan denim? Berikut penjelasan lengkapnya.

    1. Bahan yang Kuat dan Tahan Lama

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: akenz.com

Salah satu keunggulan yang menjadi pertimbangan banyak orang dalam menggunakan pakaian dari bahan denim yaitu cukup kuat dan awet. Bahkan, sejak pertama kali muncul bahan ini digunakan sebagai seragam pegawai tambang karena sifatnya. Meskipun demikian, bahan denim ini termasuk kain dengan harga yang cukup terjangkau.

    2. Memberikan Kenyamanan saat Menggunakannya

Selain kuat dan awet, bahan denim juga memiliki tekstur yang halus. Sehingga membuat pemakainya nyaman saat menggunakan. Jenis ini juga cocok untuk berbagai kegiatan di musim hujan karena dapat melindungi kulit dari udara dingin.     

    3. Terlihat Lebih Elegan

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: hijup.com

Tanpa Anda sadari, menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan denim dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ini karena warnanya yang cukup mencolok namun tetap netral. Salah satu pertimbangan mengapa bahan ini banyak digemari juga karena kemudahannya untuk dipadu padankan.

    4. Tidak Mudah Sobek

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: carousell.com

Bahannya yang kuat menjadikannya tidak mudah sobek meski dipakai bertahun-tahun dan dicuci dengan mesin cuci. Selain itu, bahan denim juga dapat melindungi kulit dari goresan saat terjatuh. Inilah kenapa tak heran banyak orang yang sering mengendarai sepeda motor menggunakan bahan denim. 

Macam-macam Bahan Denim

Setelah mengetahui bahan denim seperti apa dari segi ciri-cirinya, penting juga untuk mengetahui macam-macamnya. Lebih jelasnya ada 8 jenis bahan denim yang cukup populer, berikut penjelasannya.

    1. Kain raw denim

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: tokopedia.com

Jenis ini terbilang awet untuk penggunaan hingga satu tahun. Namun, setelah membelinya harus langsung mencucinya. Jadi, pastikan sebelum digunakan harus dalam keadaan bersih atau dicuci terlebih dahulu ya.

    2. Poly denim

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: amazon.com

Jenis bahan denim ini terbuat dari campuran poliester. Ciri-ciri dari bahan ini yaitu mempunyai tekstur cukup lembut dan sedikit melar. Selain itu, bahan ini juga cukup mudah perawatannya, terlebih lagi untuk jaket atau kemeja. 

    3. Stretch denim 

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: uniqlo.com

Dalam proses pembuatannya jenis ini menggunakan bahan campuran berupa katun dan serat sintetis melar. 

    4. Kain bull denim 

Ciri khas dari denim ini adalah bahannya lebih tebal dibanding lainnya. Selain itu, jenis ini juga lebih tahan lama dan tidak mudah sobek. 

    5. Selvedge denim 

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: lazada.co

Ciri khas denim ini adalah terdapat pita pada bagian tepinya. Biasanya berwarna merah atau oranye. Ini juga hadir dengan berbagai macam tergantung kualitasnya.

    6. Kain acid wash denim 

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: tinkerlust.com

Yang membuat menarik dari jenis ini adalah penggunakan batu apung dalam proses finishing. Sebelum digunakan, batu apung direndam menggunakan klorin. 

    7. Prewash denim 

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: carousell.com

Jenis ini sering dianggap ‘bodol’ atau kurang layak. Padahal memang warna pada denim ini sedikit luntur atau memudar. Meskipun demikian, bahan ini mempunyai keunggulan tersendiri yaitu tidak mudah menyusut untuk penggunaan lama.

    8. Colored denim

Mengenal Kelebihan dan Jenis Bahan Denim
source: elle.com

Denim ini hadir dengan berbagai pilihan warna. Misalnya saja seperti abu-abu, merah, hitam, hijau dan lain sebagainya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai bahan denim seperti apa. Dari penjelasan ini Anda bisa simpulkan jika bahan denim hadir dengan berbagai jenis. Setiap jenisnya mempunyai keunggulan dan ciri-ciri tersendiri. Dari 8 jenis denim yang sudah kita bahas, mana nih denim favoritmu?

Jika kamu ingin membuat pakaian dengan bahan denim dan bingung mencari konveksi yang bagus, kamu dapat mengunjungi Artokonveksi.com. Ini adalah konveksi terbesar di Kota Jogja. Tidak usah bingung menentukan desain, karena kami selalu menyediakan referensi yang dapat kalian tiru. 

Posting Komentar untuk "Bahan Denim Seperti Apa? Ketahui Kelebihan dan Macam-macamnya!"

chatarrow