Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Keunikan Motif Batik Bokong Semar Indramayu

Kenali Keunikan Motif Batik Bokong Semar Indramayu

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan batiknya. Bahkan, hampir di setiap daerah terdapat batik khas, salah satunya adalah batik bokong Semar Indramayu yang berasal dari Jawa Barat. Berikut akan kami ulas dengan rinci seputar batik bokong Semar Indramayu.

Makna Simbolik dari Motif Batik Bokong Semar

Setiap motif batik memiliki makna simbolik dibaliknya, tak terkecuali dengan batik bokong Semar Indramayu. Motif yang paling menonjol dari batik ini adalah Semar, salah satu tokoh wayang yang menelan kesombongan.

Kenali Keunikan Motif Batik Bokong Semar Indramayu
source: pinterest.com

Dari kisah Semar kita bisa menarik pelajaran, yaitu sebagai manusia kita harus bisa berpikir secara matang untuk mengambil sebuah keputusan. Karena apapun yang ditanam, itulah yang akan dipetik. Jika selama di dunia menanam kebaikan, maka hasil yang diperoleh di dunia maupun di akhirat pun akan baik juga, begitu pula sebaliknya.

Warna Batik Bokong Semar

Warna dasar dari Batik bokong Semar Indramayu adalah hitam. Ciri khas dari batik adalah motif atau coraknya yang banyak. Ini membuat batik bokong Semar Indramayu dipadukan dengan warna lain.

Lebih jelasnya perpaduan warna tersebut terdiri dari merah, kuning dan putih. Warna putih menjadi warna yang mendominasi bagian garis. Perpaduan warna tersebut menyerupai warna asli tokoh wayang Semar, itulah sebabnya batik tersebut tergolong populer. 

Baca juga: Motif Batik Mega Mendung dari Cirebon

Tiga Komponen Pada Motif Batik Bokong Semar Indramayu

Ada tiga komponen yang terdapat di motif batik bokong Semar Indramayu yaitu motif utama, motif penunjang, pengisi, dan isen-isenan. Ketiga komponen tersebut mempunyai perbedaan tersendiri sesuai dengan penjelasan berikut ini. 

    1. Komponen Motif Utama

Motif ini termasuk motif penting yang menjadikan batik ini dinamakan batik bokong Semar Indramayu. Sesuai dengan namanya, motif utama dari batik ini adalah bokong Semar. Motif ini berbentuk bulat besar, tapi sedikit lonjong. Sedangkan untuk penataan motif dilakukan secara sistematis repetisi dengan vertikal dan horizontal. Tak hanya itu, motif pada batik ini juga ada tambahan berupa ornamen flora seperti daun dan bunga-bunga untuk mempercantik.

    2. Komponen Pengisi atau Penunjang

Kenali Keunikan Motif Batik Bokong Semar Indramayu
source: shoppee.com

Komponen ini berperan penting untuk mengisi beberapa bidang yang terletak diantara motif utama. Biasanya, motif ini berupa dedaunan atau bunga-bunga. Motif ini melambangkan sifat naturalis sebagai representatif keadaan alam lingkungan sekitar.

    3. Komponen Isen-isen

Komponen isen isen berarti pelengkap. Tujuannya agar motif batik lebih menarik dan unik. Komponen ini bisa berupa kembang pete, cecek sawut, cecek Pitu, blarak, sisik dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Cara Membuat Batik Jumput

Kelebihan Motif Batik Bokong Semar Indramayu 

Kepopuleran batik bokong Semar Indramayu pastinya memiliki alasan dibaliknya. Selain karena keunikannya, batik ini juga memiliki segudang kelebihan. Selengkapnya berikut ini beberapa kelebihan motif batik ini. 

    1. Warna Cenderung Mencolok

Batik bokong Semar Indramayu yang berwarna dasar hitam membuat warna pelengkapnya menjadi cukup mencolok. Perpaduan warna merah, kuning dan putih di atas warna hitam menjadikannya cukup kontras sehingga tampak mencolok. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi batik ini.

Meskipun terkesan warna-warni, motif batik ini cukup mudah untuk dipadupadankan dengan outfit lainnya dan cocok untuk segala situasi. Karena hal ini, pemerintah Daerah di Indramayu mengharuskan masyarakatnya untuk menggunakan batik motif ini. Tujuannya untuk mengenalkan produk batik unggulan dan sebagai upaya untuk merawat warisan leluhur.

    2. Harga Tidak Terlalu Mahal

Alasan lain kenapa saat ini banyak orang memilih kain batik dengan motif bokong Semar karena harganya memang tidak terlalu mahal. Terlebih lagi motif utama yang berupa Semar menjadi hal yang sangat iconic. Sehingga orang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli batik ini.

    3. Mempunyai Makna yang Penting

Selain unggul dari segi motif dan juga warnanya, kain batik dengan motif ini juga memiliki makna tersendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, motif utama yang berbentuk bulat sedikit lonjong yang melambangkan bokong Semar. Semar dikenal sebagai tokoh wayang yang menelan kesombongan. Ini menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak menjadi pribadi sombong. Jadi, kehadiran motif ini berharap pemakainya bisa menjadi pribadi lebih bijaksana.

Demikian penjelasan mengenai keunikan motif batik bokong Semar Indramayu. Keunikan batik ini terlihat jelas dari makna pada motifnya, namanya yang unik hingga perpaduan warnanya. Selain itu, batik ini juga hadir dengan berbagai kelebihan seperti harganya cukup terjangkau. 

Posting Komentar untuk "Kenali Keunikan Motif Batik Bokong Semar Indramayu "

chatarrow