Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini Cara Membuat Batik Jumput yang Baik

Cara Membuat Batik Jumput
artokonveksi.com

Cara membuat batik jumput yang baik dan benar seringkali menjadi pertanyaan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut seringkali terjadi karena daya tarik dan minat dari batik jumput sangat menarik bagi masyarakat.

Cara membuat batik jumput juga cukup unik dan menghasilkan batik yang estetik. Selain itu, salah satu poin penting dan yang cukup menonjol adalah ciri khas dari motif batik jumput yang berbeda dengan batik lainnya. Membuat batik jumput memiliki nilai seni dan nilai jual yang cukup tinggi di pasaran.

Fakta Menarik Batik Jumput

Cara membuat batik jumput menggunakan teknik jumputan yang membuat batik ini menghasilkan motif yang berbeda dan unik. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal terkait bahan dan peralatan untuk membuat batik jumput. Yuk, simak ulasan berikut ini dengan jelas dan lengkap.

1. Pengertian Batik Jumputan

Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan batik jumput? Apa hal menarik yang ada pada batik jumput yang menjadi daya tarik bagi pembeli atau orang yang melihatnya? Atau tahukah Anda teknik yang digunakan pengrajin untuk membuat batik jumputan? 

Batik jumput merupakan salah satu jenis batik yang menggunakan teknik jumputan untuk membuatnya. Dari teknik jumputan tersebut dapat menghasilkan motif yang menarik pada jenis batik ini.

Tahukah Anda bagaimana cara kerja teknik jumputan untuk menghasilkan batik ini? Jumputan adalah salah satu teknik yang seringkali pengrajin lakukan untik menghasilkan motif pada batik jumput. Cara kerja teknik jumputan adalah dengan cara mengikat kain batik secara kencang.

Setelah mengikat kain batik tersebut, Anda perlu memastikan dan melakukan pengecekan ulang untuk melihat ikatannya kencang dan benar. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mempraktekkan teknik jumputan adalah mencelupkan kain tersebut ke dalam pewarna yang sudah Anda sediakan.

Batik jumput juga seringkali masyarakat sebut dengan batik ikat celup. Hal tersebut karena batik jenis ini melalui proses teknik jumputan saat kain batik diikat dan kemudian dicelupkan. 

Pembuatan batik jumput cukup mudah dan tidak memerlukan peralatan modern yang cukup mahal. Akan tetapi, proses pembuat batik jumput perlu menggunakan keterampilan khusus agar tercipta motif yang menarik dan unik.

2. Bahan untuk Membuat Batik Jumput

Ada beberapa peralatan dan bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat batik jumput. Bahan-bahan untuk membuat batik jumput bisa Anda siapkan mulai dari kain batik seperti jenis kain blaco atau primissima dan juga jenis kain mori prima.

Cara Membuat Batik Jumput
tokopedia.com

Kemudian, siapkan juga beberapa pewarna yang ingin Anda gunakan untuk mewarnai batik jumput. Anda bisa menyiapkan pewarna dan penguat seperti pewarna dan penguat wantex atau wenter. Setiap satu kemasan pewarna Anda perlu menyiapkan air sebanyak 2 liter.

Selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan bahan seperti garam sebanyak 2 sendok makan dan juga cuka secukupnya. Setelah menyiapkan semua bahan, Anda bisa beranjak untuk menyiapkan peralatan untuk membuat batik jumput.

Peralatan pertama yang bisa Anda siapkan adalah batu, kelereng ataupun uang koin untuk membuat motif pada kain. Selanjutnya adalah karet gelang yang kuat untuk mengikat kain dengan kencang.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan ember untuk menampung air dan juga pewarna yang akan Anda gunakan. Jangan lupa siapkan sendok kayu atau alat untuk mengaduk kain. Peralatan terakhir yang perlu Anda persiapkan untuk membuat batik jumput adalah kompor dan panci.

3. Cara Membuat Batik Jumput

Cara pembuatan batik jumput cukup berbeda dengan jenis batik tulis maupun batik cap. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan teknik jumputan pada kain batik dengan baik dan benar.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat batik jumput adalah dengan cara mengikat kain menggunakan karet gelang dengan kencang. Bagian kain yang Anda ikat adalah bagian yang tidak ingin Anda beri warna.

Untuk menambahkan motif bulat pada kain bisa Anda manfaatkan kelereng, batu ataupun uang koin pada kain. Setelah memastikan kain terikan dengan sempurna, Anda bisa mulai proses pewarnaan.

Hidupkan kompor dan masukkan pewarna dan air ke dalam panci. Masak sampai air pewarna tersebut mendidih kemudian tambahkan garam dan cuka. Sebelum memasukkan kain kedalam pewarna di atas kompor, celupkan kain ke air yang dingin kemudian peras.

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan kain tersebut ke dalam panci yang berisi pewarna selama satu jam. Setelah itu angkat kain tersebut dan buka ikatannya. Kemudian, cuci sampai bersih dan jemur kain tersebut hingga kering.

Bagaimana, menarik bukan cara pembuatan batik jumputan? Anda tidak perlu menggunakan alat modern yang mahal untuk membuat batik jumputan yang menarik. Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat batik jumput, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berikut Ini Cara Membuat Batik Jumput yang Baik"

chatarrow