Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motif Batik Mega Mendung dari Cirebon

id.wikipedia.org

Motif batik mega mendung dari Cirebon adalah salah satu jenis batik dari kerajinan tradisional di daerah Cirebon. Batik ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi customer dari mancanegara ataupun masyarakat Indonesia.

Motif batik mega mendung dari Cirebon memiliki motif berbeda daripada batik jenis lain dari daerah lain di Indonesia. Hal tersebut membuat jenis batik ini terkenal sampai di taraf perdagangan Luar Negeri dan memiliki banyak customer yang menyukainya.

Hal Menarik dari Motif Batik Mega Mendung dari Cirebon

Ada beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui terkait fakta menarik dan hal menarik yang berhubungan dengan motif batik mega mendung dari Cirebon. Yuk, simak ulasan mengenai batik mega mendung ini dengan lengkap.

1. Sejarah Batik Mega Mendung dari Cirebon

Batik mega mendung dari Cirebon memiliki sejarah yang berkaitan dengan kedatangan bangsa China ke Cirebon. Hal tersebut terjadi karena pelabuhan Muara Jati di daerah Cirebon merupakan tempat untuk persinggahan para pendatang dari dalam maupun luar negeri.

Setelah berlangsungnya pernikahan antara Sunan Gunung Jati dengan Ratu Oeng Tien dari China memiliki pengaruh tersendiri pada pembuatan motif pada batik mega mendung. Hal tersebut terjadi karena para pengrajin batik keraton memberikan sentuhan budaya dan juga tradisi China dalam motif batik yang mereka buat pada saat itu.

Motif yang para pengrajin buat menggunakan sentuhan dan juga ciri khas batik Cirebon. Ciri khas yang seringkali menjadi motif andalan pada batik mega mendung di Cirebon biasanya menggunakan garis awan yang cenderung berbentuk lancip, segitiga dan juga lonjong. 

Selain itu, sejarah batik mega mendung juga seringkali masyarakat kaitkan dengan gerakan kelompok tarekat. Hal tersebut terjadi karena kegiatan membatik merupakan salah satu kegiatan pokok anggota tarekat yang tinggal dan mengabdi di keraton untuk mendapatkan penghasilan.

Anggota kelompok pergerakan tarekat ini berasal dari desa Trusmi dan sekitarnya. Hal ini juga yang menyebabkan masyarakat menyebut batik mega mendung menjadi batik Trusmi.

2. Makna Motif Batik Mega Mendung

Batik mega mendung merupakan salah satu kerajinan batik tradisional yang memiliki daya tarik tersendiri karena motifnya yang unik. Tetapi, tahukah Anda makna yang ada pada motif batik mega mendung khas daerah Cirebon?

Motif awan pada batik jenis ini memiliki makna dunia yang luas dan bebas. Bahkan, awan juga memiliki makna ketuhanan atau transendental yang cukup kuat pada batik khas Cirebon ini.

artokonveksi.com

Selain itu, batik mega mendung dinyatakan sebagai salah satu kerajinan yang sangat luhur, filosofis dan memiliki makna yang mendalam. Hal tersebut membuat batik jenis ini memiliki penjagaan yang cukup ketat agar tidak masyarakat gunakan atau tempatkan di tempat yang tidak semestinya. Seperti halnya untuk melapisi sandal atau keset kaki.

3. Unsur Batik Mega Mendung

Ada beberapa unsur yang perlu Anda ketahui yang berada pada motif batik mega mendung berasal dari daerah Cirebon. Seperti halnya unsur warna biru dan campuran warna merah dengan makna suasana yang dinamis dan juga maskulinitas. Hal tersebut terjadi karena proses pembuatan batik ini adalah anggota laki-laki pergerakan tarekat.

Selain itu, perpaduan antaran unsur warna biru dan juga merah tua menggambarkan kondisi psikologi dan psikis masyarakat di daerah pesisir yang terbuka dan lugas. Bahkan biru juga memiliki makna terkait langit yang luas, tenang, dan juga bersahabat.

Warna biru muda pada batik mega mendung melambangkan keindahan dan cerahnya kehidupan masyarakat. Sedangkan warna biru tua pada batik jenis ini memiliki makna dan penggambaran sebagaimana gelapnya langit yang akan turun hujan untuk melengkapi kehidupan manusia.

Setelah mengalami perkembangan teknologi dan zaman, unsur pada motif batik mega mendung juga mengalami perkembangan. Seperti melibatkan motif bunga, hewan dan motif lainnya. Serta menggunakan kombinasi warna lainnya seperti coklat, kuning, hijau dan lain sebagainya.

Bagaimana, menarik bukan fakta menarik yang ada pada batik mega mendung ciri khas daerah Cirebon? Demikian ulasan singkat mengenai motif batik mega mendung dari Cirebon, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Motif Batik Mega Mendung dari Cirebon"

chatarrow