Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dan Ketentuannya!

Mengenal Ukuran Baju dari Berat Badan

Ada banyak cara mengetahui ukuran baju, salah satunya adalah dengan berat badan. Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukannya dari rumah menggunakan alat pengukur, seperti meteran kain.

Alasan Berat Badan Menjadi Patokan Ukuran Baju

Setiap orang mempunyai ukuran badan yang berbeda-beda, sehingga saat membeli baju penting untuk mengetahui berat badan. Pasalnya berat badan disini berperan penting sebagai patokan untuk menentukan ukurannya dan mendapatkan baju yang sesuai. Terkadang, sebuah toko atau brand memiliki informasi yang jelas mengenai ukurannya cocok untuk berat badan tertentu. 

Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dengan Tepat

Mengetahui bagaimana cara mengukur baju dari berat badan sangatlah mudah. Ada 6 cara yang biasa anda terapkan untuk mengetahui ukuran baju dari berat badan. Selengkapnya mengenai beberapa cara tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

    1. Pastikan Ukuran Badan Tepat

Cara ini dimulai dengan mengukur lebar dada, kemudian lebar pinggang, panjang lengan, panjang baju dan lain sebagainya. Biasanya setiap toko atau jasa konveksi mempunyai size yang berbeda-beda, sehingga penting untuk mengetahui ukuran badan dengan tepat sebelum membeli.

    2. Ketahui Bahan Baju 

Setiap bahan baju memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada jenis kain yang memang mudah menyusut jika digunakan dalam jangka waktu lama atau sering dicuci. Di sisi lain, ada juga yang justru mudah melar untuk penggunaan jangka waktu lama seperti kaos. 

Baca juga: Urutan Ukuran Baju

    3. Memilih Model Baju yang Sesuai

Model baju akan memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap pemakainya. Misalnya, model lengan terompet, akan membuat si kurus semakin berisi tapi membuat si gemuk justru semakin gemuk. Oleh karenanya, penting untuk menyesuaikan model baju dengan tipe tubuh dan berat badan. Ini juga akan memengaruhi kenyaman  saat menggunakannya.

    4. Pilih Warna Baju yang Cocok

Pemilihan warna yang tepat akan berpengaruh pada bentuk tubuh dan warna kulit. Jika memiliki kulit berwarna gelap dan postur tubuh besar sebaiknya gunakan warna lebih gelap. Sedangkan, untuk kulit cerah kamu bisa menggunakan berbagai warna, mulai dari yang cerah hingga gelap.

Baca juga: Ukuran Baju Anak berdasarkan Umur

    5. Gunakan Patokan Size Chart

Setiap toko atau jasa konveksi mempunyai size chart tersendiri. Jadi, kemungkinan antara satu jasa dengan yang lainnya mempunyai perbedaan size chart tersendiri.

Ada beberapa jenis size chart seperti S, M, L, XL hingga XXL. Semua jenis ukuran tersebut mempunyai perbedaan dari segi lingkar badan dan panjang baju. Maka dari itu Anda harus menggunakan patokan tersebut untuk mendapatkan baju dengan ukuran tepat.

    6. Gunakan Alat Ukur

Mengukur baju dengan menyesuaikan berat badan sangat sulit jika tidak menggunakan bantuan alat ukur meteran kain. Ini dapat membantu untuk mengetahui lebar dada dan tinggi badan. 

Tidak ada salahnya jika membelinya, karena harganya terbilang murah. Nantinya alat ukur tersebut akan sangat berguna untuk mengukur baju sebelum membeli, apalagi jika kalian memiliki keinginan untuk menjahit pakaian sendiri.

Ketentuan Ukuran Baju dan Porsi Berat Badan 

Mengetahui ukuran baju sebelum membeli adalah hal yang wajib diketahui, terlebih jika hendak membeli dalam jumlah banyak. Berikut daftar ukuran baju sesuai dengan berat badan. 

  • Size S merupakan ukuran baju yang sangat cocok untuk berat badan sekitar 45 – 55 kg.
  • Size M paling banyak dipilih masyarakat Indonesia karena cocok untuk berat badan sekitar 56 – 65 kg.
  • Size L sangat cocok digunakan untuk seseorang yang mempunyai berat badan sekitar 60 – 70 kg.
  • Size XL sangat cocok untuk berat badan seseorang sekitar 71 – 75 kg. 
  • Size XXL termasuk ukuran yang cukup besar dan sangat cocok untuk berat badan seseorang antara 70 – 80 kg.
  • Size Limited edition tersedia untuk seseorang yang mempunyai berat badan cukup besar seperti 81 – 100 kg. 

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara mengetahui ukuran baju dari berat badan lengkap dengan ketentuan size chart. Dari penjelasan ini juga bisa Anda ambil kesimpulan jika berat badan menjadi salah satu patokan penting untuk menentukan ukuran baju yang tepat. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan baju yang nyaman Jangan pernah melewatkan pengukuran berat badan.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dan Ketentuannya!"

chatarrow