Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Urutan Ukuran Baju yang Benar?

Urutan Ukuran Baju

Ukuran baju adalah hal yang selalu menjadi pertimbangan setiap orang jika hendak membeli baju, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Namun, tak jarang orang yang salah dalam mengurutkan ukuran baju yang benar. Lalu, bagaimanakah urutan ukuran baju yang benar?

Sebelum membeli baju, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu macam-macam ukuran baju. Salah memilih ukuran baju akan menjadi kerugian tersendiri untuk Anda khususnya jika baju tersebut terlalu kecil. Tak ayal, hal tersebut membuat sebagian orang berprinsip lebih baik kebesaran daripada kekecilan ketika hendak membeli baju dan bingung dengan ukurannya.

Namun, Anda pasti tak mau selamanya menggunakan prinsip seperti itu, bukan? terutama jika baju yang Anda beli terus kebesaran. Alhasil hanya akan menambah biaya untuk mengecilkan baju sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Ukuran baju dan cara pengukurannya yang perlu Anda ketahui

Seperti yang telah Anda ketahui, ada dua jenis ukuran baju yang telah umum penggunaannya, ukuran baju lokal dan ukuran baju internasional. Tentunya Anda juga harus paham bagaimana pengurutan ukuran baju tersebut. Berikut informasinya:

1. Macam-macam ukuran baju

  • Ukuran S

S merupakan singkatan dari kata Small. Ukuran ini merupakan ukuran terkecil dari urutan ukuran baju. Ukuran ini cocok untuk Anda yang memiliki postur tubuh yg kecil atau ramping.

  • Ukuran M

M adalah kependekan dari kata Medium. Ukuran ini satu tingkat lebih besar dari ukuran S. ika Anda memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu raping juga tidak terlalu besar, ukuran ini cocok untuk Anda.

  • Ukuran L

L atau biasa disebut dengan Large adalah ukuran dengan nomor urut ketiga dari ukuran terkecil. Baju dengan ukuran L cocok dengan Anda yang memiliki badan sedikit lebih besar.

  • Ukuran XL

Extra Large atau yang biasa dikenal dengan XL adalah ukuran yang paling besar dalam urutan ukuran baju. Ukuran ini cocok untuk Anda yang memiliki postur tubuh besar dan tinggi.

Jadi pengurutan ukuran baju yang benar adalah mulai dari S, M, L, lalu XL. Pastikan Anda tidak salah lagi dalam mengurutkannya, ya.

Selain empat ukuran utama di atas, tak lama ini juga muncul istilah ukuran baru dalam pakaian. Dua ukuran tersebut pun sekarang sudah cukup familiar di kalangan masyarakat.

  • Ukuran All Size

Tak lama ini Indonesia mengadopsi satu standar ukuran pakaian yang sering Anda temukan di negara China, Jepang serta Korea. Ukuran all size berarti bau atau produk tersebut bisa digunakan oleh semua orang yang memiliki ukuran baju mulai S sampai XL. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih ukuran baju.

  • Ukuran M fit to L

Ukuran ini memiliki kriteria yang lebih sempit atau lebih spesifik dari ukuran all size. Pasalnya, ukuran M fit to L hanya muat digunakan untuk orang yang ukuran pakaiannya adalah M hingga L. Jadi sudah pasti jika Anda merupakan golongan orang berbaju XL, tidak akan muat jika menggunakan ukuran ini.

2. Cara Pengukuran Tubuh yang Tepat

Jika Anda merasa tidak yakin dengan ukuran baju yang ada pada pilihan, Anda bisa memilih opsi terakhir yakni membuat ukuran Anda sendiri. Tentunya Anda juga harus mengetahui cara mengukur tubuh yang tepat terlebih dahulu. Berikut informasinya:

  • Lingkar dada

Taruh meteran mengelilingi dada Anda dengan melebihkannya kurang lebih 4cm. biasanya pada pengukuran baju wanita, penjahit biasanya akan meminta Anda meletakkan tangan Anda lurus di depan dada, dengan jempol menyentuh tengah dada dan meteran akan mengelilingi dada dan tangan Anda.

  • Lebar pundak
Urutan Ukuran Baju

Letakkan meteran di belakang ketiak kanan sampai belakang ketiak kiri. Lihatlah pada angka berapa lebar pundak Anda

  • Lebar bahu

Tarik meteran dari pinggir leher sampai ujung bahu terendah Anda.

  • Lingkar pinggang
Urutan Ukuran Baju

Buatlah meteran Anda mengelilingi pinggang dengan melebihkannya sekitar 2cm

  • Lingkar lengan

Tarik meteran dari ketiak bagian bawah mengelilingi lengan dengan melebihkan ukurannya sebanyak dua jari.

  • Panjang lengan

Tarik meteran dari ujung lengan atas, ke bawah sesuai panjang tangan baju yang Anda inginkan

Setelah mengetahui urutan ukuran baju yang benar tentunya Anda sudah tidak perlu bingung lagi dalam memilih ukuran baju yang tepat. Pastikan juga Anda telah mengukur tubuh Anda dengan benar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Urutan Ukuran Baju yang Benar?"

chatarrow