Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengenal dan Mengukur Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur

Ukuran Baju Anak berdasarkan Umur

Ukuran baju anak dan orang dewasa tentunya berbeda. Bahkan, memilih ukuran baju anak berdasarkan umur dengan tepat tidaklah mudah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengukur dengan tepat agar terhindar dari berbagai kesalahan.

Daftar Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur

Perlu diingat, daftar ini hanyalah referensi secara umum. Terkadang, setiap toko atau brand memiliki standar ukuran tersendiri. Jadi, pastikan untuk selalu membaca secara detail ukuran pada pakaianmu sebelum membeli, ya.

Berikut daftar baju anak berdasarkan umur secara umum:

2 – 3 tahun lebar dada 32 cm dan panjang 38 cm.

4 – 5 tahun lebar dada 34 cm dan panjang 42 cm.

6 – 7 tahun lebar dada 36 cm dan panjang 49 cm.

8 – 9 tahun lebar dada 39 cm dan panjang 52 cm.

10 – 11 tahun lebar dada 42 cm dan panjang 55 cm.

12 – 13 tahun lebar dada 44 cm dan panjang 58 cm.

Baca juga: Urutan Ukuran Baju

Cara Mengukur Ukuran Baju Anak dengan Benar

Mengetahui ukuran baju anak, selain dilihat berdasarkan umur kamu juga dapat mengukurnya untuk mengetahui ukuran pastinya. Simak beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menentukan ukuran baju anak.

    1. Mengukur Lingkar Dada

Untuk pengukuran lingkar badan atau dada, kamu bisa mengukurnya tepat di bawah ketiak. Sebelumnya, pastikan tangan anak dalam posisi merentangkan tangan. Mulailah dari bagian depan ke belakang, lalu kembali lagi ke dada. Terakhir, catat hasil ukuran tersebut.

    2. Mengukur Pinggang Anak

Cara ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, pasalnya ini sangat berpengaruh pada kenyamanan ketika baju tersebut digunakan. Posisikan anak dalam kondisi berdiri tegak. Kemudian rentangkan kedua tangan anak dan catat ukuran yang tertera. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tabel ukuran baju anak. 

    3. Mengukur Pinggul Anak

Tidak perlu khawatir, karena menerapkan cara mengukur ini terbilang sangat mudah. Langkah ini diawali dengan melingkarkan alat pengukur ke depan. Geser-geser alat pengukur hingga didapatkan ukuran paling tepat.

    4. Mengukur Tinggi Badan

Ini juga penting dilakukan, sebab jika panjang baju salah, maka baju tidak dapat menutupi tubuh dengan sempurna. Cara ini cukup mudah. Pastikan anak dalam posisi bersandar ke dinding. Selanjutnya ukur tinggi anak mulai dari kepala sampai kaki atau sebaliknya. 

Baca juga: Standar Ukuran Kaos

Kesalahan dalam Memilih Ukuran Baju Anak

Meskipun pada dasarnya sudah tertera jelas informasi mengenai daftar ukuran baju anak berdasarkan umur, tapi tak jarang orang tua salah dalam memilihnya. Berikut kami sajikan tips untuk meminimalisir kesalahan tersebut.

    1. Tidak Memperhatikan Spesifikasi

Kesalahan terbesar saat memilih ukuran baju anak terutama saat membelinya secara online yaitu tidak membaca spesifikasi dengan detail. Padahal setiap toko atau band mempunyai ketentuan tersendiri mengenai spesifikasi ukuran baju.

Maka dari itu pastikan membaca spesifikasi dengan teliti. Jika perlu, Anda bisa mencocokkan spesifikasi ukuran yang tersedia berdasarkan ukuran tubuh anak. Jangan sampai salah memilih ukuran yang terlalu kecil atau besar. 

    2. Terfokus Pada Harga

Setiap toko atau brand mempunyai penawaran harga yang berbeda dan tergantung dari berbagai faktor. Salah satunya adalah harga. Semakin besar ukuran baju akan mempengaruhi harga. Jadi, jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah, tapi nyatanya ukuran tidak sesuai. 

    3. Tidak Memperhatikan Bahan

Beberapa bahan akan melar atau menyusut setelah dicuci. Tentunya bahan yang seperti ini dapat menyebabkan ukuran baju yang sebelumnya dipilih bisa berubah. Maka dari itu penting sekali saat memilih baju untuk memperhatikan bahan dan kualitasnya.

Sebelum membeli baju, pastikan kualitas bahan terlebih dahulu. Apalagi jika membeli baju dalam jumlah banyak di jasa konveksi. Setidaknya bahan yang nantinya akan Anda pilih dapat sesuai dengan kebutuhan dan ukuran pun akan tetap.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai ukuran baju anak berdasarkan umur dan beberapa cara mengetahui ukuran baju dengan tepat. Setidaknya dengan mengetahui informasi ini, Anda tidak akan salah lagi dalam memilih baju atau pakaian anak. 

Posting Komentar untuk " Cara Mengenal dan Mengukur Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur"

chatarrow