Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Karakteristik Bahan Tekstil dari Katun

Dari sekian banyak jenis kain yang ada, bahan tekstil katun cukup banyak peminatnya. Hal ini terjadi karena ciri-ciri bahan tekstil dari katun lebih halus dan mempunyai daya serap tinggi. Selain itu, bahan tekstil katun juga hadir dengan berbagai jenis yang mempunyai keunggulan tersendiri. 

Mengenal Bahan Tekstil Katun

Bahan katun sering disebut ecofriendly karena bahan dasarnya yang berupa serat alami, tepatnya serat kapas. Tak heran jika teksturnya sangat lembut dan halus. Meskipun demikian, harga bahan katun ini tergolong terjangkau. Bahan katun ini juga membuat pemakainya merasa sejuk dan tidak gerah.

Baca juga: Apa yang dimaksud Tekstil?

6 Ciri-ciri Bahan Tekstil Katun

Bagi Anda yang ingin membuat pakaian komunitas atau organisasi, bahan tekstil dari katun bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya bahan ini hadir dengan berbagai keunggulan. Selengkapnya mengenai ciri-ciri dari bahan tekstil katun, berikut penjelasan lengkapnya.

    1. Tekstur Lebih Halus

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Jika membandingkannya dengan bahan tekstil lainnya, katun mempunyai tekstur yang jauh lebih halus dan lembut. Dengan kata lain, bahan tekstil dari katun sangat aman untuk semua jenis kulit. Bahkan, kulit sensitif akan merasa nyaman menggunakan bahan ini. Meskipun demikian, kelembutannya memang jauh berbeda dengan kain wol.

    2. Tidak Statis

Tidak seperti kain berbahan sintesis, bahan katun tidak mudah berubah sekalipun digunakan dalam jangka waktu lama. Ini karena bahan dasarnya yang terbuat dari serat kapas halus. Hanya saja warna bahan kain katun mudah berubah terlebih jika terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama.

    3. Tidak Mudah Robek

bahan tekstil katun
source: tokopedia.com

Salah satu hal yang membuat orang menyukai bahan katun adalah sifatnya yang tidak mudah robek. Karenanya, ia aman jika dicuci dengan mesin cuci. Berbeda halnya dengan kain pada umumnya yang jika menggunakan mesin cuci akan melar dan robek.

    4. Daya Serap Tinggi

Kain katun dijuluki ‘breathable’ karena daya serapnya tinggi. Ini membuatnya tidak akan menimbulkan bau tidak enak yang berasal dari keringat. Orang-orang juga mulai berinovasi dengan kain ini. Misalnya membuatnya menjadi kemeja atau kaos sablon.

    5. Mudah di Custom

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Seperti penjelasan sebelumnya, sifatnya yang mudah menyerap membuatnya mudah untuk dicustom. Kamu dapat berkreasi menuangkan gambar atau quotes favorite di kaos katunmu dengan metode sablon atau printing. Namun, agar lebih awet kamu harus lebih berhati-hati saat mencucinya.

    6. Mudah Luntur

Disamping segudang keunggulan yang dimiliki, bahan katun juga memiliki kekurangan. Ciri yang kurang disukai dari bahan katun adalah sifatnya yang mudah luntur, terlebih jika digunakan dalam jangka panjang. Hindari mencuci dengan musin cuci secara berlebihan, karena dapat memudarkan warnanya. Jangan lupa untuk membalik pakaian ketika menjemur agar warna pada sisi luar dapat terjaga.

Jenis-jenis Bahan Tekstil Katun

Jika membahas mengenai ciri-ciri dari bahan tekstil katun, tentunya kurang lengkap jika tidak mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Lebih jelasnya ada 4 jenis bahan tekstil dari katun yang bisa anda pilih, selengkapnya berikut ini penjelasannya.

    1. Katun combed 

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Jenis ini terbilang cukup populer. Ini karena teksturnya yang sangat halus bahkan hingga tidak mempunyai bulu-bulu halus.

    2. Katun Rayon 

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Jenis ini terbuat dari serat semi sintetis, tepatnya dari serat katun dan serat rayon. Sifatnya yang dingin membuatnya banyak disukai banyak orang. Selain itu, ia juga memiliki tekstur yang ringan dan licin. Jenis ini memiliki banyak sekali motif, misalnya bunga, hewan, tulisan, dll.

    3. Kain katun Jepang 

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Jangan salah sangka dulu, meskipun namanya Jepang, tapi bukan berarti kain ini diimpor dari Jepang lho, ya. Kain ini memiliki tekstur yang cukup halus dan dingin sehingga membuat penggunanya nyaman saat memakainya. Selain digunakan sebagai bahan pakaian, jenis ini bisa juga digunakan untuk bahan seprai.

    4. Kain katun flanel

bahan tekstil katun
source: shopee.com

Kain ini terbuat dari bahan wol sehingga teksturnya sedikit lembut, berbulu dan sedikit tebal. Jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan kemeja.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai karakteristik dan jenis dari bahan tekstil kain katun. Dengan mengetahui penjelasan ini, kamu tidak akan bingung lagi dalam memilih bahan pakaian sehari-harimu. Namun, jika kamu masih bingung, kamu dapat mengunjungi artokonveksi.com

Ini adalah konveksi terbesar di Jogja. Jika kamu tidak memiliki ide custom pakaian, kami menyediakan berbagai referensi model pakaian yang pastinya sesuai dengan model terkini. Jadi, tunggu apalagi? Segera custom pakainmu hanya di artokonveksi.com

Posting Komentar untuk "Jenis dan Karakteristik Bahan Tekstil dari Katun "

chatarrow