Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serba Serbi Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil

Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil

Peminat dari ragam hias di atas bahan tekstil saat ini semakin bertambah dan meluas jangkauannya. Kemunculan mode berpakaian menggunakan ragam hias berhasil membuat ragam hias tekstil lebih ramai daripada sebelumnya. 

Semakin ke sini ragam hias semakin bervariasi dan menarik untuk dikulik lebih dalam. Banyak pengaruh baru yang membuat penambahan motif semakin kaya dan lebih kekinian. Sehingga peminat dari ragam hias pada bahan tekstil tidak merasa ketinggalan zaman pada model pakaiannya. 

Sentuhan-sentuhan khas daerah pembuatan ragam hias memberikan kesan istimewa tersendiri karena berbeda dengan apa yang ada di daerah lain. Tidak jarang seseorang rela membeli bahan tekstil dari jenis ragam hias sama namun berasal dari berbagai daerah untuk mendapatkan ciri khas dari masing-masing daerah pembuatnya.

Berkenalan Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil yang Sangat Menarik

Membicarakan mengenai ragam hias tentu tidak akan lepas dari kesan tradisional yang kental. Bagi sebagian orang ragam hias tidak hanya hiasan bahan kain semata, melainkan memandangnya sebagai sebuah karya seni bernilai tinggi. Oleh karenanya, memiliki bahan tekstil dengan ragam hias yang indah merupakan kepuasan tersendiri.

Semua jenis ragam hias di media tekstil pada dasarnya memiliki segi keindahan tersendiri dan tidak dapat Anda bandingkan satu sama lain. Setidaknya Anda mengetahui beberapa jenis ragam hias sehingga memudahkan Anda untuk membeli bahan tekstilnya. Berikut ini adalah beberapa jenis ragam hias yang sangat menarik untuk Anda ketahui.

1. Membatik

Membatik adalah ragam hias di atas bahan tekstil yang menjadi jenis ragam hias dengan peminat terbanyak di Indonesia. Banyak sekali bermunculan sentra-sentra batik di berbagai daerah yang memiliki budaya dan tradisi yang kental. Daerah-daerah tersebut termasuk di dalamnya Kota Yogyakarta, Kota Solo, Pekalongan, dan daerah-daerah lainnya.

Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil
artokonveksi.com

Batik sendiri memiliki teknik cara pembuatan yang bermacam-macam, yaitu teknik canting tulis, celup ikat, printing, cap, dan colet. Hal ini menyebabkan ciri khas tersendiri pada ragam hias membatik sehingga semakin kaya dan banyak pilihan.

2. Menenun

Proses menenun merupakan ragam hias di atas bahan tekstil yang memang benar-benar memulainya dari awal atau bahan mentah berupa benang. Pada dasarnya proses menenun itu memasukkan benang-benang pakan di antara celah persilangan dua benang. Benang-benang pakan inilah yang membentuk motif-motif indah pada tenunan. 

Untuk membuat produk tenun membutuhkan alat khusus yang bernama Gedogan. Sekarang sudah muncul alat tenun mesin sehingga produk tenun pengerjaannya bisa lebih cepat.

3. Menyulam

Menyulam merupakan salah satu jenis pembuatan ragam hias berbahan dasar tekstil yang setidaknya Anda kenal sejak sekolah. Produk khas ragam hias tekstil dari proses menyulam memiliki ciri khas timbul sehingga tampak seperti nyata. 

Dari semua pembuatan ragam hias yang ada menyulam adalah salah satu yang paling mudah untuk Anda coba. Menyulam tidak membutuhkan alat khusus dan alatnya pun sangat mudah Anda temukan di toko tekstil.

4. Membordir

Sama halnya dengan menyulam yang menghias tekstil dengan jaringan benang, membordir juga begitu. Namun, ada perbedaan pada alat untuk pembuatannya sehingga hasilnya juga akan mudah Anda bedakan.

Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil

Pada membordir, jalinan benang ragam hias di atas bahan tekstil cenderung rapat karena menggunakan benang jahit. Sedangkan pada menyulam menggunakan benang sulam yang cenderung lebih besar. Keduanya sama-sama menghasilkan timbul di atas tekstil, tetapi produk bordir tidak setimbul produk sulam.

5. Melukis

Melukis yang mungkin Anda kenal merupakan proses menorehkan cat pada kanvas atau kertas gambar. Hampir sama dengan hal itu, medianya saja yang berubah menjadi bahan tekstil. Tentu saja ada perbedaan pada cat dan tekniknya karena bahan tekstil akan melalui pencucian. Catnya akan luntur terkena air bila tidak menggunakan cat khusus yang tahan air, bukan?

Untuk teknik melukis dan prosesnya tidak berbeda dengan melukis di atas kanvas atau kertas gambar. Pelukis tekstil akan menggunakan bantuan midangan untuk membuat bahan tekstil tidak mudah bergelombang. 

Itulah 5 kemenarikan dan keunikan ragam hias di atas bahan tekstil. Dari kelima ragam tekstil tersebut pastinya Anda memiliki pilihan yang paling memikat hati, bukan?

Posting Komentar untuk "Serba Serbi Ragam Hias Di Atas Bahan Tekstil"

chatarrow