Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Cara Membuat Bahan Tekstil

Cara Membuat Bahan Tekstil

Bahan tekstil jelas sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Bagaimana tidak, bahan tekstil sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Mulai dari pakaian, seprei, mukenah dan barang-barang kain yang lain semua berasal dari bahan tekstil. Namun, pernahkah Anda mengetahui cara membuat bahan tekstil?

Proses pembuatan bahan tekstil tidak semudah yang Anda bayangkan. Pasalnya, proses tersebut meliputi beberapa tahapan yang pastinya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Proses pengolahan bahan tekstil dilakukan dengan dua cara, yaitu secara manual dan secara mesin. Umumnya, baik secara manual maupun mesin memiliki proses yang sama. 

Selain itu, unsur keestetikan juga menjadi penentu bagi kualitas kerajinan bahan tekstil. Semakin tinggi nilai estetikanya, semakin tinggi pula kualitasnya. Sehingga, harga kerajinan tekstil pun akan mengikuti kualitas tersebut.

Proses pengolahan bahan tekstil

Bahan tekstil yang sudah melalui proses pengolahan untuk menjadi kapas kemudian menuju ke tahap pembuatan menjadi kain. Ada beberapa proses dari kapas atau serat hingga menjadi kain yang perlu Anda ketahui:

1. Pemintalan

Pemintalan merupakan proses pengolahan kapas atau serat yang telah melewati proses pemilihan menjadi seutas benang.

2. Penggulungan

Benang yang sudah melalui proses pemintalan kemudian digulung menggunakan alat penggulung khusus ataupun secara manual. Hal ini untuk menjaga kerapian benang agar proses pembuatan kain tidak terhambat karena benang yang semrawut.

3. Pencelupan

Proses pencelupan pada benang adalah untuk memberikan warna pada benang sebelum benang siap untuk menjalani proses penjahitan.

4. Penenunan

Benang yang sudah berwarna kemudian  ditenun menjadi sebuah kain. Proses penenunan bisa menggunakan alat tenun manual ataupun mesin.

Teknik dasar pembuatan bahan tekstil

Pembuatan bahan tekstil memiliki beberapa teknik. Berikut teknik pembuatan bahan tekstil yang perlu Anda ketahui:

1. Tenun

Teknik tenun pastinya menjadi teknik yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama dan harus penuh ketelitian membuat kain hasil tenun memiliki harga yang relatif mahal. Namun, hal itu tak mengurangi peminat kain tenun.

Cara Membuat Bahan Tekstil
id.wikipedia.org

Alat tenun tradisional sendiri memiliki dua jenis, alat tenun gendong dan alat tenun bukan mesin. 

Pada alat tenun gendong, bukan berarti si penenun menggendong alatnya. Namun, ada penyangga untuk pinggul penenun sehingga seolah sedang menggendong alat tenunnya. 

Berbeda dengan alat tenun gendong, alat tenun bukan mesin tak memiliki penyangga pinggul melainkan tempat injakan khusus untuk menjalankan alat tersebut. Penenun menggunakan alat ini sambil duduk di atas kursi.

2. Pewarnaan

Teknik pewarnaan menjadi salah satu teknik terpenting dalam cara pembuatan bahan tekstil. Ada dua teknik dalam pewarnaan, yaitu teknik pewarnaan ikat celup dan teknik pewarnaan batik.

Teknik pewarnaan ikat celup dilakukan sebelum benang ditenun menjadi sebuah kain utuh. Sedangkan teknik pewarnaan batik dilakukan setelah benang menjadi sebuah produk kain untuh.

3. Membentuk

Pembentukan kerajinan tekstil juga dilakukan dengan dua cara, yaitu pemotongan dan penyambungan. Teknik ini akan menjadikan sebuah kain menjadi produk jadi seperti baju, celana, rok, dll.

Sebelum melakukan pemotongan, pertama-tama perlu melakukan penggambaran pola di atas kain. Pada saat pemotongan hendaknya melebihkan sedikit dari pola yang ada guna memudahkan proses penyambungan

Selanjutnya, Anda dapat melakukan penyambungan kerajinan tekstil dengan cara menjahit secara manual maupun menggunakan mesin.

4. Dekorasi

Pendekorasian tekstil berarti menghias produk tekstil yang sudah Anda buat, seperti memberikan motif. Pemberian motif berguna untuk memberikan nilai tambah pada keestetikan kerajinan tekstil Anda.

5. Sulam

Sulam merupakan salah satu teknik pendekorasian tekstil. Teknik dilakukan dengan cara manual menggunakan jarum dan benang.

6. Bordir

Selain sulam, bordir merupakan salah satu teknik dalam mendekorasikerajinan tekstil Anda. Tentunya teknik ini lebih praktis dan menghemat waktu. Hal itu karena teknik ini menggunakan bantuan mesin bernama mesin bordir.

Setelah membaca informasi di atas, bagaimana menurut Anda cara membuat bahan tekstil? Sudah pasti tidak semudah menggunakannya, bukan? Terkadang harga yang terlalu tinggi membuat sebagian orang terlena sehingga lupa bagaimana rumitmya cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Rangkaian Cara Membuat Bahan Tekstil"

chatarrow