Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya

Indonesia mempunyai warisan berharga yaitu batik. Tak heran jika hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai batik dengan ciri khas tersendiri. Seperti halnya motif batik Sidomukti Solo yang mempunyai makna dan keunikan tersendiri. 

Makna Batik Sidomukti Solo

Setiap motif batik pasti memiliki makna mendalam dibaliknya, tak terkecuali pada batik Sidomukti Solo. “Sido” bermakna menjadi. Sedangkan “Mukti” bermakna mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan, kesuksesan serta kemuliaan. 

Jika digabungkan, Sidomukti mempunyai makna harapan agar bisa selalu mendapatkan kesuksesan, kebahagiaan, kesejahteraan dan kemuliaan. Tak heran jika biasanya masyarakat Solo menggunakan batik dengan motif ini untuk berbagai acara penting seperti pengantin, pahargyan, acara lamaran, ijab qobul, siraman dan lainnya. 

Keunikan Motif Batik Sidomukti Solo 

Pemilihan nama batik biasanya berasal dari kota asalnya. Sama seperti batik Sidomukti Solo, batik ini memang berkembang di Keraton Surakarta. Kehadirannya sudah ada sejak zaman kesultanan Mataram dan kini sudah menyebar luas ke berbagai daerah. Ini membuat jenis batik Sidomukti beragam karena tergantung daerah yang memproduksinya.

Ciri khas dari batik ini terlihat dari segi corak dan pemilihan warna. Corak pada batik ini berkaitan erat dengan budaya Jawa. Tak heran bagi para pecinta batik selalu memburu motif ini. 

Baca juga: Motif Batik Moderen dan Terbaru

Jenis-jenis Motif Batik Sidomukti Solo

Perlu Anda ketahui jika motif Batik Sidomukti terdiri dari 7 jenis. Pembedannya didasarkan pada segi motif dan juga warna, berikut penjelasannya. 

    1. Sidomukti Garuda

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, batik ini memang mempunyai motif burung garuda dengan gabungan unsur tumbuhan. Motif tumbuhan pada batik ini menggambarkan sumber kehidupan dan kecantikan. Sedangkan Motif garuda melambangkan kewibawaan dan kegagahan. Pemilihan warna pada motif ini cenderung coklat gelap atau muda. 

    2. Sidomukti Ornamen Meru

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Motif Batik Sidomukti ornamen meru sangat kental dengan kebudayaan Jawa Hindu. Pasalnya meru atau biasa dikenal dengan gunungan memberikan makna tersendiri yaitu puncak gunung tinggi yang menjadi tempat bersemayam para dewa.

Adapun makna yang tersembunyi dari ornamen meru di batik ini yaitu kemegahan, keteguhan dan keagungan. Motif batik ini juga memberikan makna tersendiri berupa harapan agar siapapun yang memakainya bisa mendapatkan kemakmuran.

Baca juga: Motif Batik Keraton

    3. Sidomukti Singgasana Truntum

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Motif ini biasa digunakan untuk pengantin. Ciri khas dari motif ini adalah corak singgasana. Motif singgasana melambangkan kekuasaan pada kedua mempelai pengantin agar bisa bertindak layaknya seorang raja. 

Selain itu, motif ini juga melambangkan kewibawaan. Harapannya, kedua mempelai pengantin bisa mendapatkan kehormatan dan martabat dari masyarakat. Sedangkan motif truntum yang bermakna kesepian berperan sebagai motif tambahan.

    4. Sidomulyo Sogan Klasik

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Motif ini memiliki corak petakan berbentuk seperti belah ketupat yang bermakna merakyat. Sedangkan motif pada bagian isiannya cukup beragam, sehingga sulit untuk menebaknya.  Sesuai dengan namanya, batik ini hadir dengan warna sogan, sehingga terkesan lebih elegan. Biasanya warna-warna seperti ini banyak tersedia di batik Solo maupun Yogyakarta.

    5. Sidomukti Kupu-Kupu

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Motif kupu-kupu pada batik ini bermakna kesempurnaan dan kebebasan. Lebih dalamnya, motif ini mengajarkan bahwa perlu proses yang panjang untuk bisa mencapai kebahagiaan. Seperti proses hidup kupu-kupu, ia perlu melewati proses larva-lalat-kepompong dan baru menjadi kupu-kupu yang indah. Inilah kenapa tidak semua keinginan mudah untuk mencapainya, tapi membutuhkan proses yang cukup sulit.

Baca juga: Motif Batik yang Mudah digambar

    6. Sidomukti Lukis

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Ciri khas dari motif ini adalah keberadaan petak-petak atau garis berbentuk ketupat. Sedangkan untuk motif pada batik ini menggunakan unsur floral dan ornamen burung. Dibanding batik sogan lainnya, motif lukis memiliki warna sogan yang lebih cerah. Tak heran jika banyak orang menggunakan batik dengan motif ini untuk membuat berbagai jenis pakaian.

    7. Prada Motif Sidomukti

Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya
source: bukalapak.com

Bagi Anda yang sedang mencari batik dengan warna cerah atau terang, Prada motif Sidomukti bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya batik dengan motif ini mempunyai warna yang lebih terang berbeda dengan Sidomukti yang berasal dari Yogyakarta maupun Solo.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 7 motif batik Sidomukti Solo beserta keunikannya. Dari penjelasan ini Anda bisa mengambil kesimpulan jika Batik Sidomukti Solo mempunyai ciri khas berupa coraknya yang kental dengan budaya Jawa. Dari 7 motif ini, mana yang menjadi kesukaanmu?

Posting Komentar untuk " 7 Motif Batik Sidomukti Solo Beserta Keunikannya "

chatarrow