Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Label Kaos Sablon Lengkap dengan Penempatan yang Benar

Branding adalah hal yang penting dalam sebuah produk. Dalam pakaian, branding tersebut terletak pada label yang terdapat pada kaos. Apakah kamu sudah tau desain label yang bagus dan dimana penempatan yang benar? Jika belum, simak penjelasan berikut.

Contoh Label Kaos Sablon 

Label pada kaos sablon bisa berupa logo brand maupun label size. Yang paling populer label tersebut hadir dengan warna putih maupun hitam. Dalam label, biasanya memuat informasi produk yang berupa merek dan ukuran, serta cara perawatan dan mencuci dengan tepat. Label tersebut biasanya terletak pada bagian leher belakang ataupun di bagian kiri bawah.

Baca juga: Jenis-jenis Sablon Kaos

Penempatan Label Kaos Sablon yang Tepat

Sesuai dengan yang dibahas di atas, ada dua penempatan label kaos sablon yang dibedakan berdasar ukurannya. Kedua jenis tersebut mempunyai fungsi dan kelebihan tersendiri. Selengkapnya mengenai keduanya, berikut penjelasannya.

    1. Penempatan Label Lipat Besar

source: raven.com

Label lipat besar biasanya digunakan oleh brand besar. Peletakannya biasanya pada bagian leher belakang. Di dalam label memuat informasi berupa merek dan ukuran, serta cara perawatan dan mencuci dengan tepat. Namun, sayangnya penggunaan label yang satu ini membuat pemakainya sedikit tidak nyaman. 

    2. Penempatan Label Lipat Kecil

source: lazada.com

Berbeda dengan label lipatan besar, label lipatan kecil biasanya terletak di bagian kiri bawah pakaian. Informasi yang termuat dalam label pun sekedar nama brand atau pemilik toko yang di desain dalam  bentuk gambar maupun tulisan. Hampir setiap kaos sablon terdapat label lipat kecil ini. 

Baca juga: Bagus mana Sablon Polyflex dan Plastisol

Fungsi Label Kaos Sablon

Penambahan label pada kaos sablon tentunya tidak terlepas dari fungsi itu sendiri. Selengkapnya berikut ini beberapa fungsinya.

    1. Branding

Fungsi pertama dari label pada kaos sablon yaitu sebagai branding atau pengenalan sebuah merek. Branding dalam sebuah bisnis sangatlah penting karena berpengaruh terhadap orang lain agar bisa lebih mengenal dan mengingat sebuah produk.

Meskipun terlihat sangat sepele, tapi penambahan label pada kaos sablon sangat efektif untuk meningkatkan branding sebuah produk. Apalagi jika menempatkan label produk di tempat yang tepat, sehingga orang lain mudah untuk melihatnya.

    2. Menjadi Identitas Sebuah Produk

Tidak jauh berbeda dengan sebuah karya gambar yang memiliki watermark. Pada pakaian, keberadaan label juga berfungsi menjadi identitas. Dengan kata lain, keberadaan label pada kaos menunjukkan hak cipta atau kepemilikan produk. Selain itu, label pada pakaian mampu membuatnya menjadi lebih dikenal banyak orang.

    3. Memuat Informasi Bahan

Pada label pakaian biasanya juga termuat informasi mengenai bahan. Dengan kata lain, fungsi label kaos satu ini sebagai media informasi yang akan memudahkan konsumen untuk bisa mendapatkan produk berkualitas. Biasanya informasi bahan tertulis 100% cotton atau 100% Polyester.

Baca juga: Cara Sablon Baju dengan Kertas HVS

    4. Menampilkan Informasi Ukuran Kaos

Setiap individu pasti memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda. Hal tersebut tentunya akan memengaruhi ukuran pakaian untuk setiap individu. Dengan adanya label pada pakaian, pembeli tidak akan salah dalam menentukan ukuran yang tepat dengan tubuhnya.

Tidak hanya itu saja, informasi ini juga dapat menekankan jika produk sangat berkualitas dan asli. Setidaknya dengan adanya informasi ini memungkinkan pembeli tidak akan ragu dan lebih mudah untuk mengambil keputusan.

    5. Informasi Perawatan 

Keberadaan label pada kaos sablon juga berfungsi sebagai tempat yang memuat informasi mengenai perawatan kaos. Pasalnya biasanya setiap jenis kaos mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, sehingga tidak bisa sembarangan dalam merawatnya.

Selain itu, di label kaos sablon ini juga terdapat informasi mengenai cara mencuci dengan benar. Tujuannya agar bahan kaos tetap awet sekalipun menggunakannya dalam jangka waktu lama dan dicuci berkali-kali. 

    6. Meningkatkan Citra Produk

Sebuah kaos tanpa adanya label tentu akan terlihat pasaran dan tidak berkelas. Maka dari itu keberadaan label inilah yang cukup menguntungkan bagi pemilik bisnis. Konsumen yang menggunakan pun akan lebih percaya diri sebab merasa bahwa pakaian yang dipakainya cukup dikenal masyarakat.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai contoh dan fungsi label kaos sablon yang wajib diketahui. Secara ringkas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan label pada kaos sablon yang tepat dapat memengaruhi keberhasilan dalam menjalankan bisnis jualan kaos sablon. 

Posting Komentar untuk "Contoh Label Kaos Sablon Lengkap dengan Penempatan yang Benar"

chatarrow