Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Teknik Sablon dengan Kertas HVS

Ada dua jenis sablon yaitu digital dan manual. Salah satu teknik yang cukup populer saat ini yaitu teknik sablon dengan kertas HVS. Sesuai dengan namanya, teknik ini adalah teknik sablon manual yang dalam penerapannya menggunakan kertas HVS. Teknik ini populer karena mudah dan memiliki segudang kelebihan.

Alat & Bahan

Teknik Sablon dengan Kertas HVS
source: shoppee.com

Sebelum membuat sablon baju dengan kertas HVS, penting untuk mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Jangan khawatir, alat dan bahan ini sangat mudah ditemukan di pasaran kok, sebagaimana berikut ini.

  1. Screen
  2. Kapas
  3. Emulsi
  4. Perangkat meja afdruk
  5. Sensitizer
  6. Lakban
  7. Cutter
  8. Kertas HVS.

Baca juga: Jenis Sablon Kaos 

Cara Sablon Baju dengan Kertas HVS 

Teknik Sablon dengan Kertas HVS
source: shutterstock.com

Setelah mengetahui alat dan bahannya, langkah selanjutnya adalah mengetahui step pembuatannya. Simak penjelasan langkah-langkahnya berikut ini.

    1. Siapkan kertas HVS dengan ukuran sesuai kebutuhan. 

Kertas HVS tersebut berguna untuk mencetak desain keinginanmu. Agar prosesnya lebih mudah, pastikan mencetak pada bagian outline saja.

    2. Beri lubang pada desain. 

Gunakan pembolong kertas untuk memudahkan proses pelubangan dan menjaga bagian sisi tetap rapi. Perhatikan kerapian lubang, sebab itu akan berpengaruh terhadap hasil sablon. 

    3. Tempelkan desain yang tercetak pada kertas HVS. 

Setelah mencetak HVS, langkah selanjutnya adalah menempelkan desain pada kertas HVS. Pastikan bahwa kertas tersebut berada tepat di belakang screen sablon untuk hasil yang lebih memuaskan. 

Baca juga: Bagus mana Sablon Polyflex dan Plastisol

    4. Gunakan lakban pada bagian pinggir kertas

Untuk memudahkan jalannya proses, kamu bisa menempelkan lakban pada bagian pinggir kertas untuk merekatkan kertas pada screen sablon. Pastikan pemasangan lakban ini secara menyeluruh dan rapi, tujuannya agar bisa menghindari kebocoran tinta pada sablon.

    5. Gunakan screen sablon

Langkah terakhir, gunakan screen sablon. Cara ini tidak jauh berbeda dengan proses penyablonan baju atau kaos biasa. Setelah itu, sablon pakaian kalian sudah jadi.

Kelebihan Sablon Manual Menggunakan Kertas HVS

Banyak orang yang menerapkan teknik ini karena kelebihan dibaliknya. Selengkapnya berikut ini beberapa kelebihan-kelebihannya.

    1. Biaya Lebih Terjangkau

Banyak orang menggunakan teknik sablon ini karena faktor biaya. Terlebih lagi jika Anda memesan dalam jumlah banyak, biaya yang dibutuhkan tentu tidak akan sebanding dengan sablon digital. Meskipun murah, masalah kualitas dari hasil teknik sablon ini tidak perlu diragukan lagi. 

    2. Kualitas Cukup Bagus

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu kelebihan dari teknik ini terletak pada kualitasnya. Teknik yang dilakukan secara manual, biasanya membutuhkan ketelitian yang lebih jika dibandingkan dengan mesin. Dengan begitu, hasil yang didapatkan pun akan lebih sempurna.

    3. Hasil Warna Tidak Mudah Luntur

Kelebihan selanjutnya, terletak pada hasilnya. Teknik ini memungkinkan hasil yang didapat memiliki warna yang lebih jelas sehingga terlihat lebih berkualitas. Selain itu, hasil warnanya pun tidak mudah luntur atau tahan lama.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Sablon Digital Jenis DTG dan DTF

    4. Bisa Cetak Berbagai Jenis Desain

Meskipun mudah dan menggunakan bahan-bahan murah, teknik ini bisa mencetak berbagai desain loh. Mulai dari sablon desain yang standar, menyala, timbul hingga lainnya. Apalagi setiap desain mempunyai kesulitan yang berbeda. Meskipun begitu, teknik ini memungkinkan hasil sablonan tercetak dengan sempurna. Keren sekali bukan?

    5. Bisa Sablon Berbagai Warna

Banyak orang menyukai teknik ini karena tidak adanya batasan warna. Kamu bisa bebas memilih warna apapun sesuai keinginanmu. Bahkan, warna yang terlihat pada desain kertas HVS dan hasil tidak jauh berbeda. Justru warnanya terlihat lebih tajam dan detail. 

    6. Proses Jauh Lebih Cepat

Kelebihan terakhir dari sablon baju secara manual yaitu proses pengerjaannya terbilang cepat. Ini karena tekniknya yang mudah. Jadi, cocok sekali untuk kamu yang ingin memesan kaos sablon dalam jumlah banyak. 

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai cara sablon baju dengan kertas HVS yang bisa anda terapkan dengan mudah. Sederhananya, teknik ini banyak digemari karena prosesnya yang mudah, bahannya yang murah, dan kualitasnya yang tidak kalah jika dibandingkan sablon digital. Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mencoba? Namun, sebelum mencoba pastikan menerapkan caranya dengan benar ya.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Teknik Sablon dengan Kertas HVS"

chatarrow