Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baju PDH Mahasiswa

Macam-macam Baju PDH Mahasiswa

Baju PDH Mahasiswa

Seragam merupakan salah satu pakaian wajib untuk orang-orang yang mengikuti suatu perkumpulan, organisasi, institusi dan lain-lain. Hal ini bertujuan sebagai identitas seseorang dan juga menunjukkan eksistensinya dalam kelompok. Salah satunya yaitu baju PDH mahasiswa.

Jenis-Jenis Baju PDH Mahasiswa

Sebagai mahasiswa tentu saja biasanya tertarik untuk mengikuti berbagai macam kegiatan seperti BEM, komunitas dan lain-lain. Untuk menunjukkan identitasnya, akan dibuatkan seragam yang dipakai khususnya pada kegiatan tertentu. Berikut beberapa jenis PDH mahasiswa:

1.     Baju PDH BEM

Jika Anda seorang mahasiswa yang mengikuti BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa di kampus, tentu saja akan memiliki baju PDH sebagai salah satu seragam wajib untuk dikenakan saat kegiatan. Hal ini agar membedakan antara petugas dengan peserta acara.
Desan baju PDH BEM biasanya berupa kemeja berkerah yang memiliki dua saku di bagian depan. Di atas sebelah kanan, terdapat nama mahasiswa baik lengkap atau panggilan. Sedangkan, tulisan fakultas dan jurusan berada di belakang berukuran sedang.

2.     Baju PDH UKM

Seperti BEM, UKM atau Unit Kerja Mahasiswa yang merupakan ekstrakulikuler ala mahasiswa, juga memiliki seragam khusus untuk digunakan saat acara formal. Seperti pertemuan dengan petinggi kampus, rapat anggota dan acara-acara lainnya.
Desain dari baju PDH mahasiswa UKM dapat dibuat formal maupun nonformal, karena sifat kegiatannya pun tidak seperti acara mengenai kegiatan pembelajaran. Dapat berupa jaket, maupun kemeja berkerah dengan warna tegas seperti hitam, coklat, merah, biru dan lain sebagainya.


Baju PDH Mahasiswa

3.     Baju PDH Komunitas

Komunitas merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman sesuai dengan visi misinya. Salah satunya bisa berupa berdasarkan daerah asal. Seperti kumpulan lainnya, tentu saja penggunaan baju PDH diperlukan sebagai identitasnya.
Baju PDH untuk komunitas dapat didesain formal seperti kemeja berkerah, kaos semi formal atau jaket. Seragam ini tentu saja hanya digunakan saat kegiatan tertentu, seperti acara pelatihan, seminar, kursus dan lain sebagainya.

4.     Baju PDH Organisasi

Di dalam kampus, tentu saja terdapat banyak organisasi yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa jika sudah memenuhi kriteria. Untuk menunjukkan identitasnya, tentu saja digunakan seragam agar dapat dikenali satu sama lain.
Baju PDH untuk organisasi tentu tergantung dengan jenis organisasinya. Jika kelompok tersebut berfokus pada acara-acara formal seperti seminar dan lain-lainnya, maka kemeja menjadi seragamya. Namun sebaliknya, seperti kegiatan outdoor misal olahraga tentu saja seperti kaos.

Baju PDH Mahasiswa

5.     Baju PDH Jurusan

Untuk seragam angkatan satu kelas tentu saja dapat memilih baju PDH. Dapat digunakan untuk kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, misalnya kegiatan sosial, perkuliahan dengan dosen tertentu, dan lain sebagainya.
Desainnya tentu dapat menyesuaikan, seperti kemeja berlengan panjang maupun pendek dengan detail saku di bagian depan serta penulisan nama. Pada belakang baju tertuliskan kelas, jurusan dan juga fakultas dengan atau tambahan logo tertentu.

6.     Baju PDH Even Kampus

Sebagai panitia dari sebuah even khususnya yang berskala besar, tentu saja akan menggunakan seragam tertentu seperti PDH agar terlihat lebih profesional. Selain itu, baju ini juga akan menjadi identitas pembeda dengan para peserta.
Baju PDH even dapat berupa kemeja berlengan panjang dengan tali jika ingin dilipat menjadi pendek, serta terdapat saku juga nama atau logo dari penyelenggara. Selain itu, bisa juga berbentuk kaos dengan bahan tebal dan desain sederhana di bagian depan dan belakang.

7.     Baju PDH Kegiatan Ospek

Ospek merupakan kegiatan pengenalan kampus pada mahasiswa baru yang diselenggarakan dengan kerja sama para kakak kelas. Sebagai identitas panitia, tentu saja membutuhkan seragam agar dikenali oleh adik tingkat barunya.
Seragam yang dikenakan biasanya berupa kemeja putih dengan jas kampus. Namun, saat ini sudah banyak variasinya yaitu dengan membuat baju khusus semacam PDH berbentuk formal dengan warna tertentu seperi biru dongker atau hitam.

8.     Baju PDH Kegiatan Luar Kampus

Bagi beberapa organisasi, UKM, BEM dan lain sebagainya, memiliki seragam tentu saja menjadi sebuah identitas agar dikenal dan diakui oleh pihak lainnya. Tak terkecuali untuk digunakan saat kegiatan di luar kampus.
Desain seragamnya tentu saja berupa kemeja berlengan panjang dengan detail nama lengkap mahasiswa, bisa ditambah dengan saku maupun tidak. Sedangkan di bagian belakang merupakan berupa nama universitas dengan logo kampus.
Selain digunakan untuk kegiatan formal, baju PDH juga dapat dikenakan saat mengikuti kelas perkuliahan. Dikarenakan kebanyakan desain dari seragam ini sopan dan terlihat rapi, sehingga cocok untuk dipakai di berbagai acara di area kampus ataupun study tour.
Itulah sekilas penjelasan mengenai jenis-jenis baju PDH mahasiswa beserta gambaran desainnya. Semoga dapat dijadikan referensi bagi yang membutuhkannya. Jika Anda mengenakan seragam ini selalu menjaga nama baik dari identitas sendiri dan juga universitas.

Mau Bikin Baju PDH Mahasiswa?

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Baju PDH Mahasiswa"