Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hiasan Kelas Sekolah Dasar dengan Beraneka Ragam Bentuk

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com

Tentu Anda juga sudah pernah merasakan duduk di bangku kelas satu atau bahkan taman kanak-kanak alias TK. Tentu di dalam ruang kelas ada banyak sekali dekorasi yang menarik bahkan tampak sangat berwarna. Nyatanya memasang hiasan kelas sekolah dasar pun memiliki berbagai manfaat.

Tujuan Memberikan Hiasan Kelas

Anda bisa melihat ruangan kelas saat ini khususnya di jenjang sekolah dasar. Tentu saja tidak sama jika membandingkannya dengan SMP maupun SMA. Mengingat bawa semakin tinggi kelasnya memang ruang kelas kian kosong tanpa adanya hiasan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Menambah Semangat Belajar

Tidak bisa Anda pungkiri apabila ada kalanya seorang pelajar pun jenuh dengan pelajaran yang hanya itu-itu saja. Terlebih saat ini banyak sekolah hanya menerapkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas tanpa sesekali keluar ruangan. Lain halnya apabila ruang kelas tersebut penuh akan dekorasi. 

Mengingat bahwa menghabiskan waktu dari pagi sampai siang di dalam kelas akan terasa sangat membosankan. Selain itu, mata juga terlihat lebih fresh ketika melihat desain dekorasi sesuai dengan selera anak-anak siswa di dalamnya. Tentu sangat berbanding terbalik jika hanya melihat papan tulis.

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com


2. Meningkatkan Kekompakan antar Teman Sekelas

Memberikan berbagai dekorasi ruang kelas bersama seluruh penghuninya tentu terasa sangat menyenangkan. Bukan hanya melihat dari hasil akhirnya melainkan juga menikmati momen kebersamaan. Secara tidak langsung, hal seperti ini akan meningkatkan momen antar teman sekelas.

Bagi seorang siswa yang memiliki bakat di bidang kesenian, tentu bisa menyalurkannya ketika sedang menghias ruangan kelas. Momen seperti ini akan terasa begitu menyenangkan jika melakukannya bersama-sama.

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com


3. Membuat Kelas Menjadi Terkenal di Sekolah

Dengan desain hiasan ruang kelas yang unik dan keren, bukan tidak mungkin jika kelas Anda justru menjadi terkenal di seluruh sekolah. Tentu saja membuatnya jadi perbincangan dan akhirnya populer. Lebih asyik lagi apabila kekompakan bersama teman sekelas juga mencuri perhatian mereka.

Kemungkinannya lagi, kelas Anda juga bisa dilirik oleh pengurus OSIS bahkan seluruh guru-guru di sekolah. Nantinya menghias ruangan sekolah akan menjadi salah satu perlombaan yang menarik untuk mereka adakan bersama-sama. Tujuan utamanya yakni meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.

4. Dekorasi Kelas Menjadi Inspirasi Kelas Lain

Jika ruang kelas di sekolah masih dominan tanpa adanya dekorasi, maka jangan malu untuk mencoba mengusulkan ide dalam menghias ruangan kelas tersebut. Selama ini merupakan hal positif tentu tidak ada salahnya. Bisa jadi kelas lain justru menjadikannya inspirasi dan meniru mendekorasi kelasnya. 

Tentu menjadi hal yang positif jika Anda berhasil menjadi inspirasi orang lain. Maka dari itu, mulailah dari hal-hal kecil seperti mendekorasi ruang kelas meskipun satu sekolah belum memulainya. Tidak hanya bertujuan untuk mempercantik saja melainkan juga mampu meningkatkan kekompakan bersama.


Macam-Macam Hiasan Kelas

Hiasan kelas sebenarnya tidak hanya berlaku pada tingkat SD dan SMP saja. Melainkan hal ini pun bisa saja berlaku pada SMA atau SMK meskipun konsepnya sedikit berbeda. Bukan hanya bertujuan meningkatkan kekompakan namun juga bisa membangun interaksi antar murid dan guru.

1. Hiasan Jendela Lukisan Gantung

Tugas sekolah di bidang seni yang berupa lukisan gantung jangan hanya untuk mendapatkan nilai saja melainkan juga bisa memajangnya sebagai hiasan jendela. Selain itu, juga bertujuan agar para siswa terdorong menghasilkan karya terbaik mereka.

Untuk hiasan jendela ini, guru bisa menggantungkan lukisan dengan cara membingkainya. Biasa juga menggunakan tali benang wol lalu mengaitkannya pada stik es krim. Nantinya jendela tidak akan terlihat polos saja sehingga membuatnya tampak lebih menarik dan fresh bagi seluruh siswa di kelas.

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com


2. Hiasan Dinding Berupa Wallpaper Taman

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com

Anda bisa memasang wallpaper taman dalam bentuk stiker yang banyak di pasaran untuk kemudian menempelkannya di sudut dinding. Sebenarnya variasinya pun beragam sehingga harus menyesuaikan dengan keinginan dari seluruh siswa di dalam kelas tersebut.

Jika tidak ingin merusak dinding akibat sisa tempelan dari stiker wallpaper, Anda bisa memilih untuk menggunakan dekorasi berbahan felt. Nantinya bisa menggantungkannya di bagian pintu atau jendela sesuai selera.

3. Hiasan Ruangan Berupa Ornamen Dinding Kelas

Sebagai guru, Anda bisa mencari ide kreatif dengan menggunakan piring plastik sisa bekas makanan para siswa. Jangan sia-siakan dan membuangnya begitu saja. Coba ubah menjadi kerajinan tangan yakni dekorasi hiasan kelas.

Misalnya piring plastik menjadi jam dinding dengan berbagai hiasan origami atau kertas lipat. Meskipun tidak bisa beroperasi, namun kerajinan tangan ini pun dapat Anda gunakan untuk mengasah kreativitas para siswa sekaligus mengubah barang bekas agar lebih bermanfaat.

Itulah tadi beberapa manfaat dan contoh dari hiasan kelas sekolah dasar yang dapat Anda ubah. Sebenarnya ada banyak sekali inspirasi di internet sebagai referensi ketika membuatnya asalkan sesuai dengan selera dan kebutuhan dekorasi ruangan kelas.

Hiasan Kelas Sekolah Dasar
id.pinterest.com

Jika Anda tertarik membaca artikel kami yang lain, silahkan kunjungi website kami, artokonveksi.com.

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Hiasan Kelas Sekolah Dasar

Sumber gambar: pinterest.com

Posting Komentar untuk "Hiasan Kelas Sekolah Dasar dengan Beraneka Ragam Bentuk"

chatarrow