Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Model Baju Gamis Brokat Wanita

Model Baju Gamis Brokat
id.pinterest.com

Gamis brokat merupakan salah satu jenis pakaian yang wajib ada dalam lemari pakaian wanita. Model baju gamis brokat cocok untuk berbagai acara formal, ataupun semi formal. Seperti menghadiri undangan pernikahan, dan acara-acara besar lainnya. 

Sebagai seorang wanita, sudah menjadi ketentuan bahwasanya kita ingin tampil memukau untuk acara-acara tertentu. salah satu unsur yang dapat menyukseskan keinginan tersebut adalah gaya berpakaian. 

Terkhusus untuk acara-acara besar seperti undangan pernikahan. Supaya terlihat memukau, wanita akan sibuk dengan pakaian dan penampilannya masing-masing. Seringnya, kain brokat menjadi pilihan untuk menyempurnakan penampilan para wanita.

Kain brokat memiliki kesan yang mewah dan elegan. Wajar saja bila jenis kain ini kemudian menjadi andalan untuk bahan pembuatan kebaya dan gamis. Ada banyak sekali ragam model baju brokat.

Untuk acara formal, kain brokat seringnya bersatu padu dengan kain batik. Namun, untuk acara yang lebih santai seperti undangan pernikahan, kain brokat sering dirubah menjadi gamis yang elegan.

Gamis brokat adalah jenis pakaian yang kaya akan dekorasi. Karena modelnya gamis, pakaian ini menjadi andalan muslimah dalam berbagai kebutuhan acara. Model yang beragam turut menjadi alasan mengapa jenis pakaian ini masih menjadi favorit sejauh ini.

Karena kita menyinggung soal kain brokat, rasanya tidak pas apabila tidak dibarengi dengan berbagai tips yang membantu. Misalkan saja tips memilih kain brokat untuk gamis, serta cara merawat gamis brokat.

Tentunya, tips-tips ini akan sangat membantu Anda nantinya. Langsung saja, kita simak tips nya satu persatu yuk!

Tips Pilih Model Gamis Brokat Untuk Berbagai Kebutuhan Acara

Pertama, kita akan membahas bagaimana cara memilih kain untuk model baju gamis brokat yang sesuai dalam berbagai kebutuhan acara. Sama seperti halnya kain katun, dan jenis kain lainnya. Brokat juga terbagi dalam beberapa jenis.

Masing-masing jenisnya punya karakteristik, tekstur dan ciri khas yang berbeda. Tata cara perawatannya juga berbeda. Makanya informasi ini penting untuk kita ketahui bersama. Berikut adalah jenis-jenis kain brokat yang beredar di pasaran saat ini.

1. Brokat Varanasi

Pertama, ada kain brokat varanasi. Jenis kain ini punya nama lain, seperti kinkhab atau juga kamkhwab dari India. Lantas, benarkah jenis kain ini berasal dari negara India? Entah bagaimana hingga akhirnya mendapatkan gelar kain dari India, yang jelas brukat jenis ini memilki karakteristik yang sangat mewah.

Kain ini terbuat dari tenunan sutra, dengan kombinasi benang-benang emas. Umumnya, brokat varanasi memiliki motif flora dengan warna-warna yang memanjakan mata. Karena memiliki karakteristik kain yang sangat indah, jenis kain ini kemudian mendapatkan nama brokat kamkhwab dari India.

2. Brokat Awan Nankring

Model baju gamis brokat selanjutnya adalah brokat awan nankring. Namanya, sedikit nyeleneh dan nyetrik ya. Meskipun punya nama yang sedikit unik, karakteristik kain ini tak kalah indah daripada brokat varanasi, lho!

Brokat awan nankring sangat populer di kalangan masyarakat China. Desain kainnya tampak anggun dengan pola warna yang mirip dengan awan. Karenanya, kain ini memilik nama brokat awan nankring.

3. Brokat Prada

Jenis brokat yang satu ini punya karakteristik yang paling mewah dari semua jenis brokat yang ada, karenanya brokat prada menjadi yang termahal. Brokat prada memiliki tekstur yang timbul sehingga kain ini akan tampak mewah dan elegan ketika Anda kenakan.

Model Baju Gamis Brokat
tokopedia.com

Untuk warnanya, ada beragam model warna yang tersedia. Umumnya dalam satu kain terdapat satu sampai dengan 3 warna saja.

4. Brokat Tile

Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan jenis brokat yang satu ini. Tak kalah mewah dari brokat prada, brokat tile mengusung konsep perpaduan kain brobat dengan tile sehingga melahirkan desain yang tampak elegan. Tekstur kainnya sangat ringan, sehingga cocok sebagai luaran gamis brokat berbagai model.

Model Baju Gamis Brokat
tokopedia.com

Sekarang kita tahu bahwasanya masing-masing model baju gamis brokat punya karakteristik yang berbeda, tergantung dari jenis kainnya. Bahan brokat sangat berbeda dengan bahan katun, ataupun sutra. Teknik perawatan yang dibutuhkan tentunya juga berbeda.

Supaya pakaian brokat Anda tetap indah dan awet, kita perlu tahu bagaimana cara mencuci dan merawat gamis brokat yang benar dan tepat. Berikut, kami sajikan informasinya untuk kita pahami bersama.

Cara Merawat Gamis Brokat yang Tepat

Kain brokat punya struktur kain yang sangat unik. Kainnya tampak memiliki serat-serat tipis yang tampak rapuh sehingga memerlukan perawatan ekstra hati-hati. kalau mengikuti prosedur atau SOP yang berlaku, Anda tidak boleh mencuci brokat secara mandiri.

Tetapi harus membawanya ke binatu yang memang khusus melakukan tugas untuk melakukan perawatan pakaian yang punya karakteristik tidak biasa. Akan tetapi, mengunjungi binatu tidaklah semudah itu.

Karena merepotkan, kita bisa saja mensiasatinya dengan mencucinya baju gamis brokat secara mandiri. Ada beberapa hal penting yang harus Anda ingat. Pertama, jangan gunakan mesin cuci.

Model Baju Gamis Brokat
tokopedia.com

Penggunaan mesin cuci berpotensi merusak model baju gamis brokat yang Anda punya. Serat-serat brokatnya terancam rusak. Gantinya, Anda harus mencuci dengan tangan. Gunakan deterjen yang lembut, bila perlu Anda bisa menambahkan softener. 

Karena struktur kainnya yang terdiri dari serat-serat halus, Anda tidak boleh menyikat permukaan brokat. Cukup rendam dengan air sabun, lalu kucek-kucek dengan perlahan sampai bersih. 

Mudah bukan? Itulah tadi cara melakukan perawatan pada model baju gamis brokat yang dianjurkan. Semoga ulasan ini membantu, ya!


Posting Komentar untuk "Rekomendasi Model Baju Gamis Brokat Wanita"

chatarrow