Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nyuci Jaket Kulit yang Wajib Anda Ketahui

Cara Nyuci Jaket Kulit
id.pinterest.com

Ada yang punya koleksi jaket kulit? Sudah tahu belum bagaimana cara nyuci jaket kulit yang benar dan juga tepat sesuai dengan standar yang berlaku? Jaket dan barang-barang kulit lainnya merupakan koleksi yang bernilai tinggi. Kolektor yang mengerti akan hal ini, tentunya selalu hati-hati dalam melakukan perawatan.

Salah satu faktor yang menentukan masa pakai barang-barang dari kulit adalah cara dan teknik perawatan yang benar. Kulit tergolong bahan baku istimewa yang punya nilai tinggi. Daripada kain biasanya, tentunya kulit punya karakteristik yang berbeda.

Makanya, metode perawatan kulit tidak bisa sembarangan, khususnya cara merawat jaket kulit. Umumnya, ada dua jenis bahan baku kulit yang beredar di pasaran. Pertama, kulit asli, dan yang kedua adalah semi kulit.

Apakah terdapat peredaan cara merawat untuk kedua jenis kulit tersebut? Tentu saja berbeda. Antara kulit asli dan semi kulit, karakteristiknya sangat berbeda. Untuk itu, bagi Anda yang punya rencana menjadi kolektor jaket kulit dan barang-barang berbahan dasar kulit lainnya, informasi ini wajib Anda simak.

Berikut, kami berbagi informasi tentang tata cara nyuci jaket kulit asli dan semi kulit yang benar dan tepat. Simak ya!


Cara Nyuci Jaket Kulit Asli dan Semi Kulit yang Benar

Tahapan dan cara nyuci jaket kulit membutuhkan kesabaran dan perjuangan yang lebih daripada mencuci pakaian biasanya. Hal ini karena tekstur dan juga karakteristik dari jaket kulit itu sendiri. 

Pakaian biasa dengan mudah kita cuci menggunakan mesin cuci atau laundry. Mungkinkah jaket kulit juga bisa kita perlakukan demikian? Penggunaan mesin cuci untuk jaket kulit sangat beresiko, karena bisa merusak tekstur kulitnya.

Bagaimana dengan laundry? Jika berniat laundry, maka Anda harus menemukan yang memang menangani perawatan barang-barang dari kulit secara khusus. Daripada merepotkan diri dengan hal-hal demikian, lebih baik kita mencucinya sendiri dengan tangan.

Selain hemat biaya, cuci jaket kulit pakai tangan akan meminimalisir segala bentuk resiko yang bisa terjadi. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, pertama adalah air hangat, deterjen, dan juga air bersih.

Baca Juga: Konveksi Jaket Terpercaya

Bagaimana tahapan cuci jaket kulit yang benar? Mari kita simak ulasannya satu persatu!

1. Cara Cuci Jaket Kulit Asli

Pertama, kita akan bahas bagaimana cara nyuci jaket kulit asli. Pertama, silahkan masukkan air hangat ke dalam mangkok berukuran besar. Tambahkan deterjen, lebih baik bila Anda menggunakan deterjen cair yang lebih mudah larut bersama air.

Setelahnya, rendam jaket kulit paling lama 10 menit. Waktu merendam yang terlalu lama berpotensi merusak tekstur dari kulit. Setelah 10 menit, Anda bisa mulai menguceknya secara perlahan.

Perhatikan bagian-bagian yang berpotensi kotor. Seperti bagian bawah lengan, bagian kerah, dan bagian-bagian tertentu yang memang terdapat noda. Kalau tidak cukup dengan kucekan tangan, Anda bisa menggunakan sikat. Ingat, gunakan secara lembut ya!

Setelah semua noda hilang dan bersih, bilas jaket kulit dengan air bersih. Jika semua sisa sabun sudah habis, Anda bisa menjemur jaket kulit dengan membentangkannya seperti biasa. Jangan pernah memeras jaket berbahan kulit, karena ini akan merusak teksturnya. 

Selain itu, Anda juga tidak bisa menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Karena akan membuat kulit menjadi retak. Cara nyuci jaket kulit sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu sabar dan telaten dalam setiap tahapannya.

Cara Nyuci Jaket Kulit yang Wajib Anda Ketahui
id.pinterest.com

Baca Juga: Produk Jaket dan Hoodie Arto Konveksi


2. Cara Cuci Jaket Semi Kulit

Selanjutnya, mari kita cari tahu bagaimana cara cuci jaket semi kulit. Karena tidak terbuat dari kulit asli, perawatan dan cara mencucinya tidaklah serumit jaket kulit asli. Kalau tidak mau repot, Anda bisa memakai mesin cuci. 

Meskipun demikian, tetap saja kita perlu tahu bagaimana cara nyuci jaket semi kulit yang benar. Berikut tahapannya!

Pertama, perhatikan petunjuk pencucian yang terdapat pada label jaket yang Anda punya. Biasanya, ada informasi tentang penggunaan air, suhu, dan semacamnya. Khusus untuk pencucian dengan mesin cuci, Anda wajib memakai kantong cuci supaya jaket tidak mendapatkan tekanan secara langsung.

Balik jaket kulit sehingga bagian dalamnya berada diluar. Setelahnya, masukkan dalam kantong cuci. Tambahkan air dingin dan deterjen cair. Cuci jaket seperti biasanya. Gunakan putaran rendah saja ya!

Setelahnya, Anda bisa mengeringkan jaket kulit dengan menjemurnya pada tempat yang teduh. Meskipun terbuat dari bahan sintetis, hindari sinar matahari secara langsung supaya tekstur jaket tidak rusak.

Cara Nyuci Jaket Kulit yang Wajib Anda Ketahui
id.pinterest.com

Demikianlah panduan cara nyuci jaket kulit yang benar. Terapkan cara ini dengan telaten ya. Perawatan yang benar akan membuat koleksi Anda semakin awet.

Posting Komentar untuk "Cara Nyuci Jaket Kulit yang Wajib Anda Ketahui"

chatarrow