Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Logo Pada Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate

Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate
lazada.co.id

Ketika sedang berkunjung ke suatu daerah, mungkin Anda pernah melihat seseorang dengan bangganya mengenakan kaos persaudaraan setia hati terate. Pada kaos tersebut, terdapat sebuah logo yang memuat falsafah syarat akan makna.

Bagi mereka, logo ini merupakan amanah yang harus dipikul sekaligus menjadi pedoman dalam hidup bermsyarakat. Kira-kira, seperti apa ya makna logo persaudaraan setia hati terate sebenarnya? Guna menambah wawasan kita terkait seni bela diri asli Indonesia, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pencak Silat Asli Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita berbangga diri. Sebab terlahir di negara yang kaya akan seni dan juga budaya. Salah satu budaya asli Indonesia yang mendapat sorotan banyak pihak adalah seni bela diri pencak silat.

Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate
liputan6.com

Pencak silat merupakan seni bela diri asli dari kepulauan Nusantara, dan populer di berbagai negara Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Bruner Darussalam, Thailanda dan negara-negara lainnya. 

Selama ini, masyarakat dunia familiar dengan seni bela diri Taekwondo, ataupun Karate. Sebagai warga negara Indonesia, kita sepatutnya berbangga diri karena memiliki seni bela diri pencak silat. 

Pencak silat yang berkembang di nusantara ada banyak ragamnya. Hampir setiap wilayah, memiliki seni bela dirinya masing-masing, sesuai dengan suku dan kebudayaan yang berkembang apda wilayah tersebut.

Salah satu pencak silat yang memiliki perkembangan pesat adalah Persaudaraan Setia Hati Terate. Seni bela diri ini berkembang di tanah Jawa, dan kini merambah hampir di seluruh wilayah kepulauan nusantara.

Bagaimana sejarah awal munculnya persaudaraan setia hati terate, dan apa yang membuatnya begitu populer seperti sekarang ini?

Sejarah dan Makna Logo Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate

Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate

Suatu sikap yang dapat mencerminkan diri sebagai warga negara yang baik adalah menghargai dan mencintai segala wujud budaya dan kesenian asli nusantara. Lebih baik lagi, apabila kita memiliki kesempatan untuk ambil peran sebagai penerus atau pewaris kebudayaan itu sendiri. 

PSHT merupakan salah satu perguruan bela diri yang punya perkembangan sangat pesat. Pada mulanya, seni bela diri hanya diperuntukkan bagi kelompok tertentu yang punya gelar bangsawan. 

Namun saat ini, diskriminasi tersebut tidaklah lagi berlaku. Seni bela diri menjadi suatu nilai budaya yang bebas bagi siapa saja. Bukan cuma masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat mancanegara, asalkan berjalan sesuai dengan aturan dan tidak menyalahi falsafah tertentu.

Ketika kita perhatikan kaos persaudaraan setia hati terate, terdapat sebuah logo yang mencolok dengan ukuran yang beragam. Umumnya, kaos ini berwarna hitam polos, dan sederhana. Satu-satunya ornamen atau corak pada kaos tersebut adalah logo dari PSHT itu sendiri.

Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate
shopee.co.id

Selain desain kaos PSHT, kami juga menyuguhkan beberapa desain kaos dan seragam olah raga lain yang bisa kamu akses dengan klik, pilihan desain seragam olahraga.

Kira-kira, pesan apa saja yang terdapat dari setiap elemen logonya, ya? Logo PSHT memiliki banyak eleman. Masing-masing elemen mewakili satu pesan atau makna. Berikut adalah penjelasan makna untuk tiap-tiap elemen logo PSHT.

1. Hati Bersinar

Pertama, adalah gambar hati yang bersinar. Maksud daripada elemen ini adalah seorang manusia yang senantiasa memberikan kebaikan kepada manusia lain. Seperti halnya hati yang memancarkan sinarnya kepada sesama.

2. Hati dengan Garis Merah

Elemen selanjutnya adalah sepotong hati bewarna putih dengan garis berwarna merah. Pemilihan warna garis yang kontras melambangkan cinta kasih yang memiliki batas. Dalam hal ini, seorang PSHT haruslah memiliki cinta kasih kepada sesama dengan menebarkan kebaikan.

Namun, ketika cinta kasih tersebut telah melampaui batasnya, maka mereka berhak untuk memberikan perlawanan yang sepadan. Karena memang pada dasarnya, seorang PSHT diajarkan untuk mengalah dan menghindari pertikaian sebisa mungkin. Sebagaimana falsafah ngaleh, ngalah, ngamuk.

3. Tongkat

Selain gambar hati dengan garis merah, logo pada kaos persaudaraan setia hati terate turut memuat gambar tongkat yang membujur lurus pada bagian atas. Makna tongkat ini adalah sebelum melakukan sesuatu hendaknya memiliki niat yang baik dan juga lurus.

4. Senjata

Gambar senjata melambangkan makna seorang PSHT yang memiliki kemampuan untuk menjaga dan melindungi dirinya sendiri, dan orang lain.

5. Pitah Putih dengan Garis Merah di Tengah

Elemen selanjutnya adalah seutas pita putih dengan garis merah pada bagian tengahnya. Elemen ini memiliki makna berani karena benar dan takut karena membuat kesalahan.

6. Bunga Teratai

Teratai merupakan bunga yang melambangkan seorang PSHT. Bunga ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang baik. Sehingga seorang PSHT juga harus memiliki kemampuan bertahan hidup layaknya setangkai teratai.

Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate
id.pinterest.com

7. Tiga Bunga

Logo pada kaos persaudaraan setia hati terate bukan hanya memuat bunga teratai yang tampak mencolok, bersamanya terdapat tiga bunga dengan bentuk berbeda dan ukuran yang lebih kecil.

Tiga bunga ini melambangkan miskin, sederhana dan juga kaya. Hal ini menegaskan bahwa ajaran PSHT tidak memandang status sosial setiap anggotanya. 

8. Warna Dasar Hitam dan Kuning

Selanjutnya, ada warna dasar hitam dan juga kuning yang melandasi setiap elemen logo tadi. Warna hitam mewakilkan persaudaraan yang kekal abadi. Sedangkan kuning merupakan lambang kejayaan.

9. Segi Empat

Terakhir, adalah bentuk segi empat yang membingkai keseluruhan elemen logo pada kaos persaudaraan setia hati terate. Segi empat merupakan simbolis empat kiblat lima pancer. Yang artinya kita harus tetap setia hati dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun pula.

Tentu kaos dengan desain PSHT ini bisa Anda pesan baik melalui offline maupun online di website kami, artokonveksi.com.

Posting Komentar untuk "Makna Logo Pada Kaos Persaudaraan Setia Hati Terate"

chatarrow