Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Drill Adalah

Bahan Drill Adalah

Bahan Drill Adalah dan Hal Penting di Baliknya. Pertanyaan mengenai bahan Drill adalah mungkin sering Anda dengar sebab belum semuanya mengetahui mengenai hal ini terutama masyarakat pada umumnya. Salah satu poin pentingnya adalah jika nantinya membeli pakaian secara online maka sudah mengerti mengenai karakteristiknya. 

Apa Itu Bahan Drill? 

Istilah Dril sendiri berasal dari Bahasa Jerman yang artinya tiga benang. Secara sederhana kain Drill memiliki tekstur pintalan memiliki jalinan benang kuat berbentuk diagonal. Bahan dasarnya cukup bervariasi mulai dari katun murni, campuran polyester, dan lainnya menyesuaikan kebutuhan pasar. 

Pada awal penemuannya jenis kain Drill digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju seragam tentara Inggris yang bertugas di India. Masyarakat waktu itu sering menyebutnya sebagai Khaki Drill yakni bermakna warda dari debu sebab secara keseluruhan seperti coklat namun lebih muda. 

Tujuan dari penggunaan warna khaki ini adalah sebagai penyamaran agar para tentara tidak mudah terlihat oleh masyarakat India atau pertahanan militer daerah tersebut. Sejak saat itu warna layaknya debu menjadi terkenal. Penerapannya sendiri untuk berbagai macam pakaian misalnya jas. 

Bahan Drill Adalah


Proses Pembuatan Bahan Drill 

Pembuatan kain Drill dengan cara memintal serat bahan utama penggunaan alat khusus dengan pola diagonal. Bentuk seperti itu membuatnya menjadi lebih kuat dan memberikan tekstur kaku dan tidak mudah robek. Ketika terlepas atau Anda potong maka akan terlihat rambutnya yang cukup besar. 

Ketersediaan kain Drill di pasaran bisa Anda temukan di toko kain yang menyediakan bahan lengkap. Anda bisa menerapkannya untuk membuat beberapa produk pakaian mulai dari jas, celana, dan topi. Ada beberapa karakteristik sehingga membuatnya cocok sebagai bahan pakaian tersebut: 

  • Kain tidak mudah kusut sehingga bisa tetap terlihat rapi meski Anda gunakan dalam jangka waktu lama. 
  • Pintalan kain sangat kuat yang membuatnya tidak mudah robek meski terkena benda tajam sekalipun. 
  • Meskipun tebal, namun tekstur kain tetap terasa lebih lembut.
  • Bagian dalam dan luar kain mudah Anda kenali karena sangat terlihat perbedaannya. 
  • Tekstur khas berupa pintalan diagonal dengan serat besar menjadi ciri khasnya. 
  • Sebagian besar yang ada di pasaran berwarna khaki atau layaknya debu. 
  • Secara tekstur cenderung tebal, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena tetap ringan saat dikenakan. 

Bahan Drill Adalah

Jenis Kain Bahan Drill 

Kebutuhan pasar yang semakin meningkat pesat membuat para produsen terus mengembangkan produknya agar bisa memberikan kualitas terbaik kepada para pelanggan. Setiap jenisnya memiliki karakter berbeda jika Anda periksa lebih mendetail, berikut penjelasannya: 


American Drill 

Bahan jenis satu ini memiliki beberapa jenis yang terbagi menjadi dua kelompok yakni berdasarkan material bahan bakunya berupa katun dan polyester. Kain tersebut sudah banyak menjadi material dari pakain misalnya jas almamater, jaket, dan masih banyak benu serta model lain. 

Serat penyusunnya berukuran sedang namun lebih besar dari pada twist drill. Karakternya ini membuatku lebih ringan dan tidak mudah kusut meski penggunaannya dalam jangka waktu lama. Perlu Anda ketahui meskipun ketahanannya bagus tetapi tetap memerlukan perawatan khusus. 

Bahan Drill Adalah

Japan Drill 

Serat pada kain Japan Drill cenderung lebih besar dari lainnya yang membuatnya semakin terlihat tegas dan sangat cocok untuk bahan pembuatan jas. Keunggulan lainnya yakni tekturya termasuk kaku sehingga maka dapat memberikan efek rapi apalagi tidak mudah kusut. 

Perlu Anda ketahui, karakternya yang tegas dan seratnya besar membuat tingkat ketebalannya lebih tinggi daripada jenis lainnya. Namun tidak perlu khawatir karena tetap membuat penggunanya nyaman meski di cuaca sedikit panas. Alasannya adalah bahan penyusunnya sebagian besar adalah katun. 

Bahan Drill Adalah


Twist Drill atau Twill Drill 

Banyaknya ketersediaan di pasaran membuat masyarakat lebih mengenal kain Drill jenis ini, bahkan tidak sedikit yang mengira bahwa jenisnya hanya satu ini. Berbeda dari lainnya, Twist Drill memiliki pintalan yang cenderung padat dan tetap lembut ketika menyentuh kulit para penggunanya. 

Keunggulan lainnya adalah bersifat water repellent atau tahan air yang sangat cocok untuk bahan jas almamater. Ketika terkena hujan membuat pakaian di dalamnya tidak mudah basah meskipun deras. Agar kinerjanya semakin maksimal biasanya ada tambahan berupa zipper tipis tapi tetap kuat. 

Bahan Drill Adalah


Hisofy Drill 

Kualitas dari bahan satu ini setingkat lebih tinggi daripada Japan Drill yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik jika ingin lebih nyaman saat mengenakannya. Meski antara keduanya memiliki tekstur yang tidak jauh berbeda namun secara mendetail tetap ada perbedaan salah satunya lebih lembut. 

Kelembutannya ini membuatnya cenderung lebih lemas, untuk itu ketika Anda gunakan sebagai pakaian maka akan nampak jatuh dan tidak terlalu kaku. Selain itu para penggunanya tidak perlu khawatir akan kepanasan, sebab sangat nyaman dan sejuk saat menyentuh kulit. 

Bahan Drill Adalah

Castillo Drill 

Harganya yang ekonomis bisa menjadi pilihan Anda yang masih bingung memilih bahan drill dengan tampilan bagus namun ramah di kantong. Tidak banyak berbeda dari jenis lainnya yakni tetap nyaman, ringan, tidak mudah kusut, saat Anda ubah menjadi berbagai bentuk pakaian. 

Bagian pintalannya juga cukup kuat meski menawarkan harga lebih murah dari lainnya. Anda dapat mengubahnya menjadi beberapa jenis produk misalnya saja celana dan topi. Pembelian kain satu ini umumnya menggunakan ukuran per kilo, yard (yds), dan roll / gulungan jika membutuhkan jumlah besar. 

Demikian penjelasan mengenai bahan drill adalah yang bisa Anda jadikan tambahan pengetahun apalagi jika terdapat niatan untuk mendirikan usaha konveksi atau bidang terkait. Saat ini fashion memiliki banyak konsumen pada berbagai kalangan. 


Bahan Drill Adalah

Buat Baju dengan Bahan Drill 

Berbagai bahan drill tersebut tersedia di Arto Konveksi jika anda ingin membuat baju custom. Kain yang sering dipakai utamanya adalah american drill, nagata drill dan hisofy drill. Bahan drill cocok digunakan untuk membuat baju pdh, baju pdl, baju korsa, rompi, kemeja, jaket, jas almamater dan topi. 

Cus tanya ke cs kami untuk info lebih lanjut. Kami sudah mengerjakan berbagai proyek pesanan seragam berbahan drill sejak 2013. Bahkan produk kami sudah pernah dikirim ke seluruh provinsi di Indonesia. Dapatkan diskon, gratis ongkir dan promo menarik tiap bulannya, kuota terbatas ya... 

Posting Komentar untuk "Bahan Drill Adalah"

chatarrow