5/03/2016

10 Jurus Terlarang yang Bikin Bisnis Kamu Melejit

Share & Comment

10 Jurus Terlarang yang Bikin Bisnis Kamu Melejit





Memulai bisnis memang tidak semudah yang kita bayangkan. Akan banyak rintangan dan halangan ketika bisnis kita mulai terbentuk dan berkembang. Bisnis pada umumnya berkembang sangat baik pada tahun ke-5. Pada tahun pertama hingga tahun ke-4, jatuh bangun akan menjadi makanan sehari-hari seorang pebisnis. 

Tapi teori ‘semakin tinggi pohon tumbuh semakin besar badai yang dihadapi’ juga nggak salah. Semakin besar bisnis yang kita tekuni akan banyak pula pesaing yang akan menjatuhkan kita atau mungkin permasalahan internal yang akan menggerogoti bisnis kita. Nah, Ippho melalui bukunya “10 Jurus Terlarang” mencoba memberikan asupan bergizi bagi para pebisnis agar usahanya tidak datar-datar melulu, tetapi dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Apa saja jurusnya? Simak uraian berikut. 

1. Mulailah dengan yang kanan 

Perusahaanmu tidak akan berkembang pesat jika hanya mengandalkan perhitungan diatas kertas saja. Harus ada terobosan-terobosan di luar nalar otak kiri, disinilah peran otak kanan sangat dibutuhkan. Jika kamu ingin sukses, maka jadilah orang gila. Bukan gila sakit jiwa, tapi gila dalam ide dan kreativitas. Dengan membiasakan otak kanan dalam berbisnis tanpa mengesampingkan otak kiri, maka kita dapat melakukan banyak kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan perusahaan kita. 

2. Rancanglah DNA sedini mungkin

DNA disini adalah singkatan dari Dream and Action. Albert Einstein mengatakan “Dunia ciptaan kita adalah produk dari pemikiran kita. Itu tidak akan berubah tanpa mengubah pemikiran ktia”. Pasti sebagai pelaku bisnis kita punya impian. Selagi impian kita positif dan selagi kita masih punya kesempatan, ya sudah, lakukan saja! 

3. Terjunlah seperti rollercoster 

Bon Jovi sempat berpesan “Life is like a rollercoster”. Hidup itu bagai rollercoster, ada kalanya naik ada kalanya turun. Jadi ketika kita sedang turun atau merosot, ya nikmati saja, karena banyak hikmah yang terkandung didalamnya. kok bisa? Pertama kemerosotan akan menempa mental, kedua akan banyak pelajaran yang kita dapatkan, ketiga kerendahatian, keempat bumbu dalam bisnis dan terakhir akan melatih kreativitas kita “The power of kepepet”.

4. Berdamailah dengan badai 

Kejadian aneh akan kamu temui jika pergi ke Filipina. Filipina terkenal sebagai negara yang rutin disambangi badai besar tiap tahun. Menjelang badai, masyarakat Filipina malah kalem dan adem ayem. Tidak panik. Inilah yang dimaksud berdamai dengan badai. Bagi mereka adalah mustahil untuk menyingkirkan badai. Jadi mau tidak mau yang dilakukan adalah hidup bersama badai. “not avoid the problem, but live with the problem”. 

5. Duduklah sama rendah 

Thomas Friedman dalam bukunya World is Flat mengatakan, “Apabila anda ingin mengasah kemahiran yang berbasis otak kanan, maka lakukanlah sesuatu yang anda cintai”. Selain membangun bisnis dengan kecintaan, kamu perlu bekerja dengan tim agar bisnis kamu melejit. Team itu singkatan “Together Everyone Achieves More”. Community plesetan dari come in unity. Bersama tim, ‘duduklah sama rendah, berdirilah sama tinggi dan berbisnislah sama untung”. 

6. Gantilah gelar dan jabatan 

Kamu harus membranding diri kamu sebaik mungkin. Jangan segan-segan untuk memberikan penghargaan atau gelar kepada diri kamu sendiri. Gelar yang kamu sematkan kepada diri kamu mampu menjadi pemicu semangat positif. Orang yang bergelut di dunia bisnis sudah lazim untuk membranding merek atau jabatannya, misalnya jabatan sales executive diplesetkan jadi marketing executive atau pesuruh kantor menjadi office boy. Setelah membranding diri sendiri, kamu perlu mengenalkan diri kita kepada orang lain agar bisnis kamu diketahui banyak orang. Misalnya dengan menyebarkan kartu nama. 

7. Masuklah ke surga paling dulu

Konon pada suatu saat nanti di pintu surga, berdirilah dosen, dokter dan ulama. Dulunya selama di dunia dosen telah mendidikan banyak mahasiswa, si dokter telah menyembuhkan banyak orang, dan si ulama telah membimbing banyak orang yang berdosa. Walhasil, masing-masing menganggap dirinya paling berjasa, sehingga masing-masing merasa berhak untuk masuk surga paling dulu. Merekapun berebut. Tiba-tiba datanglah pengusaha. Mereka menyambutnya, “Nah ini dia pengusaha kita, beliaulah yang membangun kampus, membangun klinik, dan donatur tetap tempat ibadah kami”. Akhirnya mengingat jasa-jasa si pengusaha maka baik dosen, dokter maupun ulama rela untuk mengalah dan mempersilahkan pengusaha masuk surga dulu. Hikmahnya, jadilah pengusaha! 


8. Biarkan kudeta terjadi 

Seorang ahli merek Alex Wipperfurth malah mengusulkan pendekatan yang benar-benar terbalik dan asyik! Melalui karya kontroversialnya Brand Hijack: Marketing without marketing, ia malah menyarankan agar merek dijadikan kanvas kosong. Kemudian, konsumen diberi kebebasan untuk mewarnainya. Bahasa vulgarnya, kosumen dibiarkan merebut bahkan membajak (hijack) merek tersebut! Yah, mirip-mirip kudeta, tetapi bukan petaka.

9. Waspadai zaman edan 

Lima tahun terakhir dan 5 tahun kedepan adalah zaman edan sekaligus zaman waras. Kenapa disebut zaman edan? Karena semuanya berjalan berbalik arah. Terus, kenapa pula disebut zaman waras? Karena memang begitulah seharusnya, Setidaknya argumen ini dapat ditelusuri dari 5 tren bisnis belakangan ini. Pertama pursuit for sprituality. Kedua societal marketing. Ketiga people power. Keempat pursuit for simplicity dan terakhir positivity insurrection.

10. Matilah dengan tenang  

Untuk menggapai sukses seorang individu hendaklah menyandang dua bekal yang saling berolak belakang. Apa itu? Passion dan compassion.  Selain itu kita juga harus membekali diri dengan charity dan conscince. Kamu harus membangun bisnis dengan spiritualitas yang tinggi. Bilamana spiritualitas sudah di tangan, barulah seorang pelaku bisnis boleh berseru, “Bersainglah untuk menang, hiduplah dengan senang, dan matilah dengan tenang”. 


Sumber: Santosa, Ippho. 2007. 10 Jurus Terlarang! Kok Masih Mau Bisnis Cara Biasa!. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.



----------******----------

Apa itu ARTO KONVEKSI

Anda mau bikin jaket? PDL? Korsa? Kemeja? Kaos? Polo? dan bingung tempatnya?
Anda mencari konveksi di Jogja?
ato anda mencari konveksi yang murah di Jogja?
ato anda terburu-buru untuk membuat seragam anda?
ato anda mencari konveksi untuk membuat produk dengan harga sama tetapi menginginkan kualitas yang berbeda?
ARTO KONVEKSI solusinya. 

Alamat: Jl. Kerajinan no. 5 RT 08 Pemukiman Industri Kecil (PIK) Gunung Sempu, Ds. Tamantirto, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Prov DIY.
CP       : 08563330071 | 085762670135
pin BB : 53A60222
line      : artokonveksi
email   : artokonveksi@gmail.com
twitter  : @artokonveksi

fb         : artokonveksi@yahoo.com

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamat Kami

Klien Kami

Pengiriman Ke Seluruh Indonesia


Pengiriman untuk luar Jogja/luar Jawa dapat dipilih berdasarkan kenyamanan maupun harga. Kami sudah mengirimkan produk kami hingga Sumatera,kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, Maluku, Papua, dll.

Follow by Email

Kenapa Memilih Arto Konveksi?

Harga Kompetitif
Garansi Produksi (Jaminan Uang Kembali!).
Teknologi Modern (Pesan ONLINE dan OFFLINE OK!
Pelayanan Ramah (Gratis DESAIN, ongkir JOGJA, dan lainnya!
Tepat Waktu (Transaksi Mudah, Cepat, dan Se-INDONESIA!)
Copyright © Arto Konveksi | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com