Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Parasut

Bahan Parasut

Pernah dengar kata parasut? Kita sering mendengar parasut sebagai alat yang digunakan untuk terjun payung. Ternyata Parasut juga merupakan nama dari bahan kain untuk Jaket. Ciri-ciri bahan ini tipis dan relatif kedap air. Kain ini cocok digunakan untuk pakaian musim hujan karena kedap air. Parasut memiliki beberapa jenis, diantaranya parasut bewai, parasut furing dan parasut metalik.   

Antar jenis parasut memiliki ciri khas dan perbedaan tersendiri. Umumnya memiliki komposisi yang didominasi oleh plastik. Bahan dasar dari parasut adalah polyester. Polyester dibuat dari minyak bumi yang diolah menjadi serat diber poly. Minyak bumi kaya akan rantai karbon, dimana jika disintesis dapat menghasilkan salah satu jenis rantai karbon bernama ester. 

Satu sama lain juga memiliki kualitas yang berbeda, ada yang tebal, tipis bahkan tembus pandang. Jaket diatas menggunakan bahan parasut yang tebal, dengan bagian dalem dilapisi kain yang lembut sehingga nyaman untuk digunakan. Bahan parasut umumnya susah menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan saat musim panas atau kemarau. 


Jenis Jenis Kain Parasut

Kain parasut memiliki banyak sekali jenis dan merek. Hal ini karena semakin berkembangnya teknologi industri tekstil. Masing-masing jenis memiliki kegunanaan khusus. Bahkan beberapa memang dibuat khusus dengan feature atau kelebihan yang tidak dimiliki kain lainnya. Berikut beberapa jenis kain parasut yang populer di pasaran dan sering digunakan untuk bahan jaket. 

Parasut Ripstop

Jaket bahan parasut ripstop
Parasut jenis ini memiliki ciri-ciri seperti ripstop, yaitu corak atau tekstur berbentuk kotak-kotak. Tetapi biasanya ukuran kotaknya lebih kecil dari ripstop biasa. Kain ini umumnya sudah melalui proses coating di pabrik sehingga memiliki kemampuan water resistance.

Kain ini memiliki ketebalan sedang yang cocok digunakan untuk jaket dan tas. Jadi karena tidak terlalu tebal, ketika dipakai tidak terlalu panas. Cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia. 

Parasut Taslan WP

APD Hazmat bahan taslan WP
Jenis kain parasut ini memiliki tekstur garis garis seperti bahan drill. Parasut taslan WP lebih tebal dibandingkan bahan parasut lain pada umumnya. Merek yang paling banyak ditemui di pasaran untuk jenis ini adalah rinjani. Karena cukup tebal dan mengandung banyak polyester, kain ini sangat efektif menahan air atau dengan kata lain anti air. Bahan kain ini cocok digunakan untuk membuat jaket, tas atau APD Hazmat Reusable. 

Parasut Taslan Milky 

Jaket parasut taslan milky
Taslan milky pada dasarnya hampir sama dengan taslan WP. Perbedaannya terletak pada coating yang digunakan pada bagian dalam kain. Jika taslan WP memiliki tekstur yang serupa pada bagian luar dengan bagian dalam. Maka pada taslan milky, bagian dalam diberi coating berwarna putih. Taslan milky cocok digunakan untuk membuat tas dan jaket outdoor. 

Parasut Micro

Jaket bahan parasut micro

Micro parasut memiliki ciri bahan parasut yang mungkin paling tipis dibandingkan parasut lainnya. Mungkin inilah yang membaut bahan micro umumnya harganya lebih murah dibandingkan parasut lain. Karena tidak terlalu tebal, kemampuan water resistent nya tidak seampuh taslan. Tetapi sangat cocok untuk bahan jaket atau rompi berbahan parasut yang jika dipakai tidak terlalu panas. 

Bahan Parasut



----------******----------

Apa itu ARTO KONVEKSI

Arto Konveksi merupakan perusahaan jasa konveksi yang menerima pesanan Jaket custom. Kami sudah mengerjakan berbagai pesanan jaket terutama dari bahan parasut sejak tahun 2013. Kamu bisa memilih desain jaket yang keren-keren berbahan parasut dan realisasikan jaketmu dengan menghubungi admin cs kami dibawah ini:

CP       : 08563330071
email   : artokonveksi@gmail.com
twitter  : @artokonveksi

Posting Komentar untuk "Bahan Parasut"

chatarrow