Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sablon Rubber ~ Kaos Keren

Sablon Rubber ~ Kaos Keren
Kaos Sablon Arto Konveksi

Sablon Rubber, Apa Itu?

Kali ini kita akan menjelaskan mengenai sablon rubber pada kaos. Simak hingga selesai ya guys. Sablon rubber dibuat dengan menggunakan tinta rubber/ karet. Tinta rubber digunakan untuk sablon diatas bahan textile, terutama di bahan kaos

Memiliki karakteristik seperti karet yang dapat melar bila ditarik. Tinta rubber banyak sekali tersedia dalam berbagai macam kualitas. Tinta rubber yang bagus dapat kita kenali dari daya tutupnya, hasil sablonannya apakah lembut atau kasar, dan juga tingkat elastisitasnya (apakah bila ditarik dia akan melar dan tidak retak).

Kita dapat mengenal tinta dasar rubber dulu sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut. Terdapat 2 jenis tinta dasar, sebagai berikut:

Tinta Dasar Terang 

Tinta dasar terang adalah tinta yang digunakan untuk mencetak kain (bahan cetak) yang berwarna terang (muda), yaitu tinta merk Sandy Super Color. Tinta ini berupa pasta putih yang dijual dalam kilogram dengan wadah kalengan, Plastik, atau tong plastik. Bentuk pasta kental, tidak mengeras pada kain, daya resap baik, dan tidak luntur. 

Tinta Dasar Gelap

Tinta dasar gelap adalah tinta yang digunakan untuk mencetak kain warna gelap, yaitu tinta karet, dengan tambahan perbandingan tertentu dapat menempel baik di atas permukaan bahan cetak (kain). Bentuk berupa pasta, agak mengeras pada kain, daya lengket kuat, tidak luntur, tetapi tidak tahan panas gosokkan seterika (mudah rontok).

Sablon Rubber ~ Kaos Keren


Teknik Sablon Rubber

Teknik sablon rubber dikenal juga dengan teknik sablon manual. Sablon manual memiliki step atau tahapan yang cukup panjang dibandingkan teknik sablon dengan berbagai mesin modern masa kini. Saat ini teknik sablon rubber bahkan sudah memiliki mesin otomatis yang besar. Teknik sablon lainnya yang tergolong mudah seperti polyflex atau DTG (Direct to Garment).

Akan tetapi masih banyak para pengrajin sablon yang menggunakan teknik sablon manual. Kira-kira kenapa ya? ternyata, sablon manual masih dianggap sebagai teknik yang menghasilkan sablon berkualitas dibandingkan teknik simpel lainnya. Skaain itu, modal untuk membuat usaha sablon manual lebih murah. Hasil sablon manual juga lebih dianggap karya seni yang otentik karena melibatkan keterampilan atau skill manusia lebih banyak. 

Nah apa saja tahapan teknik sablon rubber? Secara singkat dijelaskan sebagai berikut:

Menyiapkan Screen Sablon

Screen merupakan kain yang memiliki fungsi untuk menyaring tinta sablon saat proses sablon. Screen ini dipasang pada frame yang terbuat dari kayu atau alumunium. Screen sablon disiapkan dengan mengolesi permukaannya memakai emulsi film. Emulsi yang sudah rata dikeringkan. 

Selanjutnya gambar yang mau disablon di print pada kertas. Kertas ini diletakkan di screen dengan rapat dan rata. Agar menempel dengan baik bisa juga ditimpa dengan benda berat, Lalu screen dipanasi dengan lampu UV atau neon. Setelah dipanaskan, screen dicuci dan emulsi akan rontok pada bagian gambar sablon.   

Setting Screen Pada Meja 

Letakkan screen yang telah siap pada meja sablon. Biasanya terdapat klep atau bagian pengait agar screen yang diletakkan presisi. Pastikan pada bagian frame screen tidak ada lubang, jika terdapat lubang maka bisa ditutup dengan tape. Berikut gambar screen yang telah siap diatas meja sablon:

Sablon Rubber ~ Kaos Keren

Proses Sablon 

Kaos yang akan disablon diletakkan di atas meja. Pastikan kaos dalam kondisi yang rata dan kencang atau tidak tertekuk. Jika ada gelombang atau tekukan maka hasil sablon nantinya tidak rata. Setelah itu turunkan screen menempel ke kaos, dan beri pasta rubber sesuai warna yang diinginkan diatas screen. 

Pasta rubber dipadatkan atau diratakan sepanjang desain. Tarik pasta rubber sepanjang screen menggunakan squeege. Beri tekanan yang cukup, tidak terlalu lemah dan tidak terlalu berlebihan. Semakin sering kamu menyablon, semakin baik melakukan teknik ini. 

Finishing Hasil Sablon 

Kaos yang selesai disablon dengan pasta rubber selanjutnya dipanaskan agar tintanya kering. Bisa menggunakan heat press, hot gun, atau alat sejenisnya dengan suhu berkisar 150 derajat celcius. Nah akhirnya kaos selesai dan siap digunakan.  

kaos sablon rubber
Kaos sablon rubber

kaos sablon rubber
Kaos sablon rubber

----------******----------

Jasa Kaos Sablon Custom Arto Konveksi

Yuk hubungi cs kami untuk info lebih lanjut bikin kaos sablon custom:
CP       : 08563330071 
email   : artokonveksi@gmail.com
twitter  : @artokonveksi

Posting Komentar untuk "Sablon Rubber ~ Kaos Keren"

chatarrow